Sukses

Pemerintah Pesimistis Penanganan Kabut Asap Cepat Selesai

Apalagi, fenomena El Nino terbilang lebih parah dari 1997.

Liputan6.com, Jakarta - Penanganan kabut asap akibat kebakaran lahan dan hutan ‎di Kalimantan dan Sumatera terus dilakukan. Namun pemerintah pesimistis penanganan kebakaran yang berdampak pada bencana kabut asap itu selesai dalam waktu cepat. Apalagi, fenomena El Nino terbilang lebih parah dari 1997.

‎"Tantangan utama kita, El Nino melebihi 97-98.‎ Saya enggak yakin 2 minggu akan selesai untuk zero asap, tapi berkurang signifikan iya," ujar Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (12/10/2015).

Menurut dia, pemerintah telah melakukan upaya pemadaman kebakaran melalui water bombing dan hujan buatan. Namun proses pembuatan hujan masih terkendala dengan kondisi awan yang masih sangat minim di daerah tersebut.

"Langkah jangka pendek kita fokus pemadaman. Tanpa hujan sulit, tapi water bombing dengan masif dapat mengurangi asap. Kami gunakan drone untuk memantau titik api sebelum pesawat water bombing ke lokasi," tutur Luhut.

Sulitnya penanganan kabut asap karena sebagian besar kebakaran ada di lahan gambut. Pada musim kemarau berkepanjangan, kawasan tersebut rentan terbakar. Lahan gambut sewaktu-waktu bisa kembali terbakar akibat panas yang ada di tanah.

‎"Ini pelajaran bahwa lahan gambut itu sulit diatasi. Pemberian 4,8 juta hektar adalah masalah besar bagi kami khusunya pada musim El Nino,"‎ ucap Luhut.

Adanya bantuan pesawat water bombing dari beberapa negara sahabat, dia berharap kebakaran lahan dan hutan segera ‎selesai. Namun agar lebih efektif, dia masih mengharap hujan deras secara berturut-turut turun di kawasan tersebut untuk mengantisipasi munculnya kembali titik api.

"Jumlah pesawat ini kita harap pemadaman segera usai. Tapi kami tetap berharap jika ada hujan deras selama 3-4 hari berturut-turut dalam 1-2 minggu ke depan, maka akan selesai. Tapi jika tidak, harus sangat hati-hati karena timbulnya kembali api dari bawah karena lahan gambut tadi," pungkas Luhut. (Bob/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.