Sukses

Satgas Karhutla Padamkan 15.600 Hektare Lahan di Jambi

Personel yang memadamkan api terdiri dari 460 orang TNI, 200 anggota Brimob, 100 personel Manggala Agni ditambah petugas BPBD.

Liputan6.com, Jambi - Lebih dari 1 bulan, Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) bergerak memadamkan api di Jambi sejak awal September 2015. Komandan Satgas Karhutla Jambi Kolonel Inf Makmur menyatakan, pihaknya berhasil memadamkan 15.600 hektare lahan terbakar.

"Jumlah itu meliputi kawasan hutan, areal penggunaan lain (APL), kawasan perkebunan dan hutan tanaman industri (HTI)," ujar Makmur di Jambi, Senin (12/10/2015).

Ia menyebutkan, total luas areal yang terbakar berdasarkan data yang ada mencapai 15.864 hektare. "Artinya, masih ada sekitar 200 an hektare yang belum dipadamkan," kata dia.

Makmur menyatakan, belum akan mengurangi jumlah personel yang ada. Petugas masih siaga di lapangan bahu membahu memadamkan sisa-sisa lahan yang masih terbakar.

Ia menyebutkan, personel yang masih melakukan pemadaman terdiri dari 460 orang TNI, 200 anggota Brimob, 100 personel Manggala Agni ditambah petugas BPBD, masyarakat, dan relawan.

Makmur menambahkan, untuk bantuan pemadaman dari negara tetangga dipusatkan di wilayah Sumatera Selatan. Sebab, berdasarkan data satelit Terra dan Aqua serta satelit NOAA, titik api di wilayah Provinsi Jambi terpantau sedikit.

"Jadi bantuan dari negara tetangga untuk di Jambi belum diperlukan, karena memang titik api di Jambi jauh lebih sedikit dibanding dengan Sumatera Selatan," pungkas Makmur. (Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.