Sukses

Jokowi: Tahun Depan Bandara Minangkabau Dilintasi Kereta

Semua bandar udara di Tanah Air bakal dibuatkan akses penghubung langsung ke kota.

Liputan6.com, Jakarta - Semua bandar udara atau bandara di Tanah Air bakal dibuatkan akses penghubung langsung ke kota. Alat penghubungnya, yakni kereta api, kereta api ringan atau light rail transit (LRT), atau trem.

Seperti disampaikan Presiden Jokowi. Menurut pemilik nama Joko Widodo itu, khusus untuk Bandara Internasional Minangkabau, Padang akan dihubungkan dengan kereta api.

"Untuk tahun depan Insya Allah saya kira sudah selesai, dari stasiun ke kota, di sini dari stasiun di sini menuju airport-nya dengan sky bridge. Semuanya sudah terencana tahun depan, Insya Allah rampung," kata Jokowi saat meninjau pembangunan rel kereta api di Bandara Internasional Minangkabau, Padang, Sumatera Barat pada Sabtu petang 10 Oktober 2015, seperti dikutip dari laman Setkab.go.id, Senin (12/10/2015).

Bukan hanya Padang, menurut Presiden Jokowi, pembangunan rel kereta api dari kota Jakarta menuju Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, juga akan selesai tahun depan.

Sementara itu Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan yang mendampingi Presiden Jokowi dalam peninjauan itu mengatakan, sejauh ini pembangunan rel kereta di Bandara Internasional Minangkabau tidak ada masalah. Dari 3,9 kilometer rel yang dibangun, telah diselesaikan 2,9 kilometer.

"Kurang 1 km, saya kira ini soal waktu," ucap Jonan.

"Yang penting begini kalau ini dibangun, kan dioperasikan Kereta Api Indonesia. Nah kereta api ini pasti kan butuh personel tambahan untuk ini. Jadi saya sudah minta tolong dirutnya kereta api, untuk warga yang menjual tanahnya di sepanjang lintas itu, nanti setiap keluarga satulah anaknya atau saudaranya itu menjadi pegawai kereta api jadi ikut mengoperasikan," papar Jonan. (Ndy/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.