Sukses

Cuma Butuh 4 Jam, 191 Kloter Jemaah Haji Pulang Lewat Madinah

Kepulangan jemaah haji gelombang kedua tersebut dilakukan secara bertahap mulai hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 191 kelompok terbang (kloter) jemaah haji akan pulang ke Tanah Air melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah, Arab Saudi. Kepulangan dilakukan secara bertahap mulai hari ini.

Kepala Daerah kerja (Daker) Bandara Jeddah-Madinah, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Nurul Badruttaman menuturkan, para jemaah haji gelombang kedua itu sudah dilakukan secara bertahap hingga 26 Oktober 2015.

"Setiap hari ada sekitar 13-15 kloter yang kami berangkatkan dari bandara di Madinah," kata seorang petugas Media Center Haji, Nurul pada Minggu 11 Oktober 2015.

Berbeda dengan kepulangan dari Bandara International King Abdul Aziz (KAAIA) yang membutuhkan proses pemberangkatan dari pemondokan di Mekah hingga lepas landas sampai 10 jam, maka proses pemulangan dari Madinah hanya membutuhkan waktu sekitar 4 jam.

"Perbedaan lain, di bandara Madinah jemaah tidak mendapatkan layanan katering makanan," ujar dia.

Sejauh ini ia mengatakan, masih ada masalah yang dihadapi PPIH setiap kali pemulangan jemaah. Yakni barang bawaan.

Menurut dia, jemaah haji Indonesia masih ada yang sembunyi-sembunyi membawa air zam-zam dalam koper mereka. Padahal hal ini dilarang.

Akibatnya koper para jemaah mendapat pemeriksaan petugas untuk dibongkar dan dikeluarkan air zam-zamnya.

"Pihak maskapai pun tidak akan main-main dengan aturan larangan membawa zamzam karena alasan keselamatan penerbangan," pungkas Nurul. (Ant/Ndy/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini