Sukses

Warga Yogyakarta Rayakan Tahun Baru Islam dengan Parade Tauhid

Parade itu mengambil rute mengambil rute dari Alun-Alun Utara.

Liputan6.com, Yogyakarta - Warga Yogyakarta merayakan datangnya tahun baru Islam dengan sejumlah aksi di beberapa ruas jalan di daerah istimewa itu. Salah satu perayaan itu dalam bentuk parade.

Ketua Panitia Parade Tauhid M Fuad mengatakan, acara ini dikemas dalam format parade tauhid dengan mengambil rute dari Alun-Alun Utara, Jalan Ibu Ruswo, Jalan Brigjend Katamso, Jalan Senopati, Titik Nol, Jalan KH Ahmad Dahlan, Jalan Wahid Hasyim, Jalan Agus Salim, Jalan Kauman dan kembali lagi ke Alun-Alun Utara Keraton Jogja.

"Parade Tauhid tujuannya untuk syiar Islam dan persatuan umat Islam di DIY dan Jawa Tengah. Acara dimulai pukul 07.00 WIB dengan sambutan dari walikota dan aisyah hingga pukul 08.30 WIB," ujar Fuad, Minggu (11/10/2015).

Menurut dia, akan ada sekitar 25 ribu warga yang mengikuti perayaan tersebut. Pada parade tauhid ini peserta aksi juga membentangkan spanduk sepanjang 3 kilometer. Selain itu, ada orasi dari Majelis Ulama Indonesia dan dai dari Papua.

"Ada orasi nanti dari Ahmad Muchsin Kamaludiningrat dan dai dari Papua Fadlan Kemarahan," ujar Fuad.

Dia mengatakan aksi parade tauhid ini juga untuk menyerukan gerakan antikomunis dan terorisme. Seruan ini terus digaungkan karena kebanyakan umat muslim yang sering menjadi korban.

"Umat muslim akan selalu berdiri di barisan terdepan untuk mengusir gerakan serta paham yang tak sesuai dengan Islam," tukas Fuad. (Bob/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Daerah Istimewa Yogyakarta adalah daerah istimewa di Indonesia yang memiliki tingkatan yang sama dengan provinsi.
    Daerah Istimewa Yogyakarta adalah daerah istimewa di Indonesia yang memiliki tingkatan yang sama dengan provinsi.

    Yogyakarta

  • Tahun Baru Hijriah atau Tahun Baru Islam merupakan suatu hari yang penting bagi umat Islam karena menandai peristiwa penting

    Tahun Baru Islam

Video Terkini