Sukses

Digelayuti Mendung, Jakarta Mulai Musim Hujan?

Sejumlah wilayah di Jakarta dalam beberapa hari terakhir telah diguyur hujan. Apakah ini pertanda DKI sudah mulai memasuki musim hujan?

Liputan6.com, Jakarta - Dalam beberapa hari terakhir, Jakarta digelayuti mendung hingga gerimis. Bahkan sejumlah wilayah telah diguyur hujan. Apakah ini pertanda musim hujan akan menyapa Ibukota?

"Belum (masuk musim hujan). Hujan yang terjadi beberapa hari ini adalah gejala konvektif saja," ujar Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Andi Eka Sakya usai menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan LKBN Antara di Jakarta, Jumat (9/10/2015).

Gejala ini, lanjut Andi, terjadi akibat suhu udara yang panas selama berhari-hari bahkan bulan. Panas ini menyebabkan penguapan air dan uapnya berkumpul membentuk pumpunan di awan.

Awan dengan uap air tersebut kemudian diembus oleh angin yang menyebabkan turunnya hujan. "Dalam 2-3 hari lagi keadaan ini masih berlangsung dan kemudian kembali panas," kata Andi.

BMKG memprediksi DKI Jakarta mengalami musim hujan mulai pertengahan November 2015. Namun, awal musim hujan ini tidak sama dengan daerah-daerah lain di Indonesia.

Sebab, tutur Andi, Indonesia memiliki 342 zona musim dan perbedaan mulainya musim bisa mencapai 6 bulan.

BMKG juga memprediksi, dua provinsi yang sedang dilanda kebakaran hutan yaitu Sumatera Selatan dan Riau mengalami musim hujan lebih lambat dari perkiraan (bulan Oktober). Sementara Riau, BMKG memprediksi hujan sudah akan turun akhir Oktober 2015. (Ant/Ali/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.