Sukses

Mengintip Pameran Porselen 'Cantik' di Ultah Taiwan ke-104

Di antara beberapa karya tersebut, ada yang unik yakni replika pajangan untuk Paus Fransiskus.

Liputan6.com, Jakarta - Acara perayaan ulang tahun ke-104 Taiwan yang juga dikenal sebagai Double Tenth Day baru saja digelar meriah. Tepatnya pada Kamis 8 Oktober 2015 malam.

Acara yang dihelat di bilangan Jakarta Pusat itu tak hanya menyajikan nyanyian khas serta sajian makanan khas Taiwan seperti bubble tea dan snow ice -- selain makanan tradisionalnya, tapi juga digelar pameran mini karya seni porselen nan cantik.

Di antara beberapa karya tersebut, ada yang unik yakni replika pajangan untuk Paus Fransiskus. Karya porselen berbentuk bulat berwarna merah ini khusus dibuat dan diberikan kepada pemimpin umat katolik dunia itu.

"Ini replika yang diberikan Presiden Taiwan Ma pada 2013, Joyful Magpie. Simbol burung Magpie yang melambangkan kesederhanaan seperti Paus," kata salah satu penjaga pemeran tersebut kepada Liputan6.com.

Replika karya seni porselen berwarna merah yang diberikan kepada Paus Fransiskus. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)

Selain itu, ada pula beberapa replika dari isi pajangan museum di Taiwan, berupa pajangan Buddha dan naga dalam balutan warna emas. Sungguh indah!

Replika isi museum di Taiwan di acara pameran porselen ulang tahun Taiwan ke-104. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)

Sebentuk vas dengan penampakan naga berwarna merah dan biru yang ada di pameran tersebut juga tak kalah memukau para pengunjung pameran.

Beberapa karya seni porselen di acara pameran ulang tahun Taiwan ke-104. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)

Patung yang tak kalah menyedot perhatian pengunjung adalah sosok wanita cantik berambut panjang tanpa busana. Digambarkan dengan tato dari punggung belakang kiri hingga kaki kiri.

Karya seni porselen 'wanita tanpa busana' di acara pameran ulang tahun Taiwan ke-104. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)

Stand pameran produk Taiwan turut digelar di gelaran tersebut, menampilkan produk keluaran negara tersebut. Seperti sepeda motor, sepeda, komputer jinjing, ponsel dan alat olahraga.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala perwakilan Taipei Economic and Trade Office (TETO) untuk Indonesia Chang Liang Jen di Jakarta, menyampaikan terima kasihnya kepada Pemerintah Indonesia karena Taiwan termasuk dalam negara-negara yang diberikan fasilitas bebas visa oleh Pemerintah Indonesia dalam pengumuman paket kebijakan ekonominya pada Rabu 7 Oktober.

Kepala perwakilan Taipei Economic and Trade Office (TETO) untuk Indonesia Chang Liang Jen di perayaan ulang tahun ke-104 Taiwan. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)

Kebijakan itu, menurut Chang, akan semakin meningkatkan lagi jumlah wisatawan Taiwan yang akan berkunjung ke Indonesia. Saat ini, bebernya, 153 negara sudah memberikan bebas visa untuk Taiwan dan visa on arrival.

Chang pun berharap, kerja sama yang sudah terjalin baik ini dapat ditingkatkan lagi karena kedua negara memiliki potensi besar.

(Tnt/Rie)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini