Sukses

Pantau Lokasi Kebakaran Hutan di Riau, Jokowi Tempuh Jalur Darat

Butuh waktu sekitar 4 jam untuk tiba di kabupaten yang masih diselimuti oleh kabut asap itu.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo akan meninjau lokasi kebakaran hutan dan beberapa wilayah yang diselimuti kabut asap di Provinsi Riau. Pada kunjungannya itu, Presiden yang didampingi oleh Ibu Negara Iriana akan menempuh jalur darat menuju Riau dari Sumatera Barat.

Berdasarkan informasi yang diterima dari Biro Pers Istana Kepresidenan, Jumat (9/10/2015), sebelum menuju Riau, Presiden Jokowi lebih dulu menuju ke situs bersejarah, yaitu kediaman proklamator kemerdekaan RI Bung Hatta di Bukittinggi. Jokowi akan melihat kondisi rumah dan lingkungan tanah kelahiran Bung Hatta.

Selanjutnya, Jokowi akan menuju ke Kabupaten Kampar, Riau dengan menempuh perjalanan darat. Butuh waktu sekitar 4 jam untuk tiba di kabupaten yang masih diselimuti oleh kabut asap itu.

Setibanya di Kampar, Jokowi lebih dulu meninjau posko pelayanan kesehatan di Puskesmas Kuok, Desa Lereng, Kecamatan Kuok. Puskesmas ini juga menjadi tempat berobat bagi para korban kabut asap.

Setelah mengunjungi puskesmas tersebut, Presiden akan menunaikan salat Jumat di Masjid Islamic Center, Kampar.

Perjalanan kemudian dilanjutkan ke Posko Operasi Gabungan Karlahut di Desa Rimbo Panjang. ‎Setelah itu, Jokowi yang didampingi oleh beberapa menteri di Kabinet Kerja akan melihat lokasi bekas kebakaran hutan. ‎

‎Selama beberapa hari, Presiden Jokowi berkunjung ke Provinisi Jambi, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, dan Riau. Kedatangannya ke empat provinsi di Pulau Sumatera itu untuk memantau proses penanggulangan kebakaran hutan dan kabut asap yang semakin membuat warga menderita.

"Ini kita mau ke Riau, ke Jambi, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, di tempat-tempat yang ada asap," ujar Jokowi di sela-sela kunjungannya memantau proyek transportasi massal Mass Rapid Transit (MRT) di Senayan, Jakarta. ‎

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu sebelumnya sempat 2 kali dijadwalkan berkunjung ke Jambi dan Riau untuk melihat penanganan kebakaran hutan. Namun, kunjungan tersebut batal dilakukan karena pesawat tidak bisa mendarat di Bandara Jambi lantaran jarak pandang terbatas akibat tertutup kabut asap.

Dia mengaku telah memerintahkan jajarannya untuk mengerahkan seluruh personel pemadam kebakaran hutan dan kabut asap bergerak ke 4 provinsi tersebut. "K‎emarin kita rapat pengerahan pasukan untuk masuk ke sana. Kita akan ke sana, karena titik api sangat-sangat merah sekali," ucap Jokowi. (Bob/Mut)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini