Sukses

Belasan Jenis Kosmetik Ilegal Ditemukan di Padang

BPOM menemukan 12 jenis kosmetik ilegal yang mengandung zat berbahaya dalam razia di berbagai toko pengecer di Padang, Sumatra Barat.

Liputan6.com, Padang: Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menemukan 12 jenis kosmetik ilegal yang mengandung zat berbahaya dalam razia di berbagai toko pengecer di kawasan Pasar Raya, Padang, Sumatra Barat, Senin (15/6) siang. Di antaranya adalah kosmetik merek Qianyan dari Cina, yang tak terdaftar dan mengandung merkuri.

Ditemukan juga kosmetik yang mengandung asam retinoat bermerek QL Day Cream yang izin edarnya sudah dibatalkan BPOM. Sementara dari merek yang lebih populer, ditemukan Pond's Detox Complete Beauty Make Up Kit yang tak terdaftar di BPOM. Kosmetik-kosmetik ilegal tersebut kemudian dimusnahkan.

Petugas BPOM mengaku, pihaknya berulang kali menyosialisasikan kepada para pedagang dan memberikan surat edaran tentang produk terlarang. Meski demikian, hingga saat ini belum ada pedagang yang pernah diberi sanksi.(ZAQ/LUC)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.