Sukses

Kemendikbud Rayakan Ulang Tahun Emas SEAMEO

Peringatan tahun emas ini akan diselenggarakan mulai hari ini hingga Kamis besok, 8 Oktober 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia merayakan ulang tahun emas Organisasi Menteri Pendidikan se-ASEAN tahun ini. Peringatan 50 tahun The Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) ini akan diselenggarakan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mulai hari ini, Rabu (7/10/2015).


Deputi Direktur untuk Manajemen Sumber Daya SEAMEO RECFON, Miranti Martin‎ menuturkan, peringatan tahun emas ini akan diselenggarakan dalam bentuk pameran pendidikan, seminar internasional, pemberian penghargaan, dan peluncuran sejumlah program baru. Acara digelar dengan tema '50 Tahun Kerjasama Pendidikan untuk Pembangunan Regional yang Berkelanjutan'.

"Selama kurun waktu ini, SEAMEO telah memberikan banyak kontribusi bagi perkembangan pendidikan di negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia‎," ujar Miranti melalui keterangan persnya di Kemendikbud, Jakarta, Selasa 6 Oktober 2015.

‎"Melalui perayaan ini, kami ingin memperkenalkan dan menunjukkan pencapaian dan kontribusi dari keikutsertaan Indonesia di SEAMEO selama 50 tahun ini. Juga inisiatif serta inovasi baru kami dan bagaimana masyarakat bisa ikut serta dan mendukung kerja sama regional ini,” imbuh dia.

Menurut Miranti, keikutsertaan Indonesia dalam keanggotaan SEAMEO menjadi salah satu cara untuk mengakselerasi kemajuan sistem dan mutu pendidikan di Nusantara. SEAMEO turut membantu meningkatkan kualitas tenaga didik di Indonesia.

"Tak hanya membuka akses internasional, SEAMEO juga telah membantu mewujudkan kesiapan pemerintah Indonesia dalam mencetak peserta didik menjadi tenaga kerja yang kompeten, meningkatkan kapasitas dari para guru, dan melakukan berbagai riset di bidang pendidikan, sains dan kebudayaan," tutur Miranti.

SEAMEO ‎merupakan organisasi internasional yang didirikan pada 30 November 1965. Organisasi ini didirikan untuk mempromosikan kerjasama di bidang pendidikan, sains, dan budaya di Asia Tenggara melalui jaringan, kemitraan, dan forum antara pembuat kebijakan dan para ahli. Selain itu, juga promosi pengembangan sumber daya manusia yang berkelanjutan.

Pameran pendidikan SEAMEO akan diselenggarakan selama 2 hari, Rabu hingga Kamis (7-8 Oktober 2015) di Plaza Gedung A Kemendikbud, Senayan, Jakarta. Dalam acara itu akan diperkenalkan 6 program unggulan SEAMEO baik di bidang biologi tropis, pendidikan jarak jauh, pangan dan gizi, serta center pendidikan guru bahasa, matematika, dan ilmu pengetahuan alam. (Sun/Ron)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini