Sukses

Cara Australia Bantu Ketahanan Pangan Indonesia

Sebagai negara tetangga, Australia mengatakan siap untuk membantu Indonesia dalam mewujudkan keamanan pangan.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia kembali kedatangan tamu penting dari Negeri Kanguru. Kali ini pejabat tinggi Australia yang menyambangi Ibukota adalah Menteri Pertanian dan Sumber Daya Air, Barnaby Joyce.

Dalam lawatannya di Jakarta, Joyce menekankan kepada Pemerintah Indonesia betapa pentingnya pengembangan industri peternakan dan produksi daging sapi. Hal ini penting karena terkait dengan keamanan pangan jangka panjang Tanah Air.

Oleh sebab itu, sebagai negara tetangga, Australia mengatakan siap untuk membantu Indonesia dalam mewujudkan keamanan pangan. Bantuan tersebut, kata Joyce, dapat diwujudkan dengan menjalankan program pelajar industri pertenakan Indonesia-Australia yang sudah dimulai sejak 2012.

Menurut Joyce sejak dijalankan 3 tahun lalu, program ini sudah diikuti 54 pelajar Indonesia dari 15 universitas. Hasilnya pun memuaskan, seluruh alumni program tersebut banyak berperan dalam industri pangan di kedua negara.

"Saya gembira program ini membantu para alumni untuk berbagi keterampilan dan pengetahuan mereka guna mengembangkan produktivitas dan keamanan di industri pangan," ucap Joyce di kediaman Dubes Australia di Jakarta, Selasa 6 Oktober 2015.

"Keterampilan tersebut banyak dicari oleh perusahaan Indonesia atau perusahaan Australia yang beroperasi di Indonesia," tambah dia.

Selain membantu ketahanan pangan, Joyce pun mengakui terdapat efek besar dan positif lain yang dihasilkan program ini. Hal tersebut adalah semakin kuatnya dan harmonisnya hubungan bilateral Indonesia dan Australia. (Ron/Mar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini