Sukses

Penyelundupan 6 Koper Ribuan Benih Lobster Digagalkan

Bibit lobster yang berukuran sekitar 3 mm ini diamankan di kargo untuk pesawat Air Asia.

Liputan6.com, Yogyakarta - Sebanyak 6 koper besar berisi ribuan benih lobster diamankan Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (KIPM) kelas 1 Yogyakarta. Ribuan lobster ini diselamatkan saat akan diselundupkan ke Singapura di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta.

Kepala (KIPM) Suprayogi mengatakan, 6 koper berisi benih ini diamankan saat akan dibawa ke Singapura oleh 3 orang. Bibit lobster yang berukuran sekitar 3 mm ini diamankan di kargo untuk pesawat Air Asia.

"Kita amankan 3 orang dan sudah dibawa ke Polda DIY. Mereka akan menuju ke Singapura menggunakan Air Asia," kata Suprayogi saat ditemui Liputan6.com di kantornya, Selasa (6/10/2015).

Suprayogi mengatakan, dari 3 orang yang ditangkap, 2 orang diduga terlibat yaitu  EOL dan SR. Mereka ditangkap saat 6 koper melalui X-ray, lalu saat 1 koper tersebut dibuka, diketahui ternyata berisi bibit lobster.

"Paspor kita tahan. Ada 3, EOL dan SR sementara si A hanya driver. Pengakuan tersangka 320 ribu pengakuannya gitu tapi biasanya lebih lah. Saat diperiksa di dalam koper kelihatan ada benda mencurigakan, dan setelah dibuka berisi bibit lobster yang dikemas dalam plastik," kata dia.

Saat ini keenam koper lobster masih diamankan di Kantor KIPM dan sedang menunggu pelaku dan pihak kepolisian usai pemeriksaan di Polda DIY.

"Hari Kamis kita gelar perkara. Ini diproses hukum. Aturan aturan apa yang bisa menjerat dia kan tidak hanya penangkapan lobster ya. Itu nanti di Kamis," ujar Suprayogi. (Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini