Sukses

Ahok: Limbah Saja Bisa, Masa Olah Ciliwung Tak Becus

Ahok mengatakan, sumber air di Jakarta sesungguhnya sangat banyak namun hal itu sia-sia bila tak dimanfaatkan maksimal.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sedang berupaya menggabungkan PAM Jaya dan PAL Jaya. Gunanya untuk dapat mengolah semua air di Jakarta.

Ahok mengatakan, sumber air di Jakarta sesungguhnya sangat banyak. Teknologi yang sudah diterapkan oleh BUMD juga sudah canggih. Hanya saja tidak ada integrasi antar-BUMD sehingga potensi itu tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal.

"Nah logika, kalau Anda punya PD PAL yang bisa mengolah limbah, bisa jadi air minum, masa ngolah Ciliwung saja enggak becus sih gitu," ujar Ahok di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat, Selasa (6/10/2015).

Jakarta memang diberi persediaan air begitu berlimpah. Mulai KBT, KBB, Sungai Ciliwung, Citarum, Cisadane bisa dimanfaatkan. Tapi semua itu tidak ada artinya bila air bekas pakai atau limbah tidak bisa diolah.

"Teorinya itu, tidak mungkin ada danau sebesar raksasa apa pun, kalau kamu ambil airnya terus tanpa mengembalikan air disirkulasi kembali, itu pasti kering," jelas Ahok.

Karena itu, penyatuan kedua BUMD ini menjadi penting. Sehingga pengolahan air di Jakarta bisa komprehensif.

"Jadi bisa Anda bayangkan, kalau hampir tidak pernah kering saja, kalau Anda mau terus ambil ya pasti enggak cukup. Kalau Anda terus olah air limbah, kita ambil contoh Singapura yang enggak ada air. Singapura dulu beli air dari Malaysia. Sekarang, dia 100% airnya diolah. Dia juga membuat banyak waduk-waduk," ujar Ahok.

Lebih hebat lagi, lanjut dia, Israel yang mengolah air laut. "Tapi walaupun air laut diolah, semua harus tetap mengolah air limbah," imbuh Ahok. (Ali/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini