Sukses

Saksikan Perang di HUT TNI, Warga Tegang hingga Tepuk Tangan

Aksi menegangkan dimulai dari demonstrasi kapal perang yang memberondong tembakan ke tengah lautan.

Liputan6.com, Serang - Cuaca panas dan letih karena harus berdiri di antara puluhan ribu orang, tidak menyurutkan antusiasme warga Cilegon, Banten, menyaksikan aksi demonstrasi perang tiga matra TNI. Para prajurit unjuk gigi dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten.

Warga menyaksikan helikopter beraksi saat gladi bersih HUT ke-70 TNI di Cilegon, Banten (3/10/2015). Jelang HUT ke-70 TNI tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi warga untuk menyaksikan secara dekat atraksi TNI. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Adegan pertempuran ditampilkan oleh puluhan kapal perang. Mereka melakukan beragam aksi penyerangan, mulai dari teatrikal bela diri dengan tangan kosong, penggempuran dengan kapal perang, hingga pesawat tempur mengudara dengan manuver berbahaya. Kesemuanya itu menjadi tontonan yang mengundang decak kagum warga.

Tepuk tangan masyarakat pun terdengar membahana setiap kali armada perang TNI menunjukkan kebolehannya. Satu jam lamanya suguhan atraksi itu menyita perhatian warga.

Armada kapal laut meluncurkan roket saat peringatan HUT TNI ke-70 di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten, Senin (5/10/2015). HUT TNI Ke-70 ditandai atraksi tempur tiga matra TNI Angkata Darat, Laut dan Udara. (Liputan6.com/Faisal Fanani)

Aksi menegangkan dimulai dari demonstrasi kapal perang yang memberondong tembakan ke tengah lautan. Selain itu, suara raungan pesawat F-16 dan Sukhoi juga memecah langit Cilegon. Pesawat tempur itu berkejar-kejaran saling melepas tembakan udara, hingga atraksi flypass dan terjun payung yang menghibur warga.

"16 Pesawat latih TNI Angkatan Udara akan terbang membentuk angka 70 sebagai ucapan selamat hari ulang tahun TNI ke-70, hadirin sambutlah sierra flight," seru narator di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten, Senin (5/10/2015) siang.

Pesawat membawa spanduk bertulis

Belasan pesawat latih itu pun muncul dari langit sebelah kiri, mengudara beriringan membentuk formasi angka 70. Sorak-sorai masyarakat pun menggaung kembali bersama tepuk tangan yang meriah. Mereka enggan melepaskan pandangan mata dari atraksi yang langka dilihat.

"Dua pesawat aerobatik Jupiter akan menunjukkan rasa cinta Tentara Nasional Indonesia kepada seluruh masyarakat Indonesia, sambutlah heart flight," seru narator lagi.

Aksi akrobatik pesawat Jupiter saat Hut TNI 70 di Cilegon (3/10/2015). Tema peringatan

Dua pesawat Jupiter pun menari-nari di udara dan meninggalkan bekas asap pesawat berbentuk hati. Saat itu, para penonton perempuan dan anak-anak terlihat sangat riang hingga mereka berteriak heboh, tersenyum lebar, dan bertepuk tangan lebih kencang lagi.

Anggota TNI AL melakukan rappeling dari helikopter saat peringatan HUT TNI ke-70 di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten, Senin (5/10/2015). HUT TNI Ke-70 ditandai atraksi tempur tiga matra TNI Angkata Darat, Laut dan Udara. (Liputan6.com/Faisal Fanani)

Pantauan Liputan6.com, warga semakin antusias saat pesawat-pesawat TNI memenuhi langit Cilegon. Atraksi flypass menjadi aksi paling mengundang rasa penasaran banyak warga.

Pria, wanita, tua, muda, keluarga hingga anak-anak sekolah tumpah-ruah menyemut di dermaga dan enggan melewatkan pertunjukan tersebut mulai dari pukul 09.00 hingga 12.00 WIB. (Ali/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini