Sukses

Imbas Kabut Asap, Palangkaraya 4 Kali Perpanjang Libur Sekolah

Kabut asap di kota ini tak kunjung hilang.

Liputan6.com, Palangkaraya - Pemerintah Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, kembali memperpanjang libur sekolah dari tingkat taman kanak-kanak hingga sekolah menengah atas. Hal itu terjadi karena kabut asap masih pekat dan dapat mengganggu kesehatan.

"Informasi dari Dinas Pendidikan Kota Palangkaraya, libur para siswa diperpanjang dari 4-6 Oktober dan pada 7 Oktober 2015 kembali masuk sekolah seperti biasa," ucap Guru SMP Katolik Palangkaraya Hertiani, Sabtu (3/10/2015).

Menurut Hertiani, sekolah diliburkan sudah yang keempat kalinya sejak 10 September 2015. "Kami berharap kabut asap ini segera teratasi. Kasihan para siswa sudah banyak tertinggal materi pelajaran karena kabut asap ini."

Hertiani menyebut pemberian tugas saat libur sekolah sebenarnya kurang efektif mengejar ketertinggalan materi pelajaran. Menurutnya, ada sejumlah materi pelajaran yang belum diketahui dan harus mendapat penjelasan dari para guru.

"Para orang tua sebenarnya banyak yang mengeluh dengan panjangnya libur sekolah. Libur sekolah ini kan kebijakan Dinas Pendidikan. Tapi, memang kondisi kabut asap masih pekat dan sangat mengganggu kesehatan," kata dia.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palangkaraya sudah meliburkan sekolah sejak 10-16 September 2015, diperpanjang lagi 17-23 September 2015, dilanjutkan 25 September sampai 2 Oktober, dan kembali diperpanjang dari 3-6 Oktober 2015.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palangkaraya, Norma Hikmah mengatakan, perpanjangan masa libur tersebut telah dikoordinasikan dengan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait dan wakil wali kota.

"Keputusan ini terpaksa dilakukan demi mengantisipasi dampak buruk kabut asap terhadap peserta didik, khususnya di Palangkaraya. Jangan sampai peserta didik sakit karena kabut asap," pungkas Norma. (Ant/Ans/Ndy)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini