Sukses

KNKT: Flight Plan Kunci Pencarian Pesawat Aviastar yang Hilang

Pesawat itu memang dilengkapi Emergency Locater Transmitter (ELT) yang berfungsi sebagai pemancar sinyal radio agar lokasinya diketahui.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Suryanto mengatakan, flight plan atau rencana penerbangan yang diajukan sejam sebelum keberangkatan ke air traffic services bisa menjadi salah satu cara mencari lokasi pesawat Aviastar tujuan Masamba-Makassar yang hilang kontak pada pukul 14.33 Wita, Jumat.

"Karena enggak ada informasi lain kita cari dengan flight plan untuk menentukan lokasi," kata Suryanto di kantor Aviastar,  Jakarta, Jumat (2/10/2015).

Flight plan biasanya berisi, bandar udara keberangkatan, bandar udara tujuan, registrasi pesawat, nama pilot, warna pesawat, perlengkapan pesawat dan lainnya.

Ia menuturkan, pesawat tersebut memang dilengkapi Emergency Locater Transmitter (ELT) yang berfungsi sebagai pemancar sinyal radio agar lokasinya diketahui. Tetapi hingga kini, pihaknya belum mendapatkan informasi apa-apa mengenai keberadaan pesawat tersebut.

"Kalau impact-nya keras ya alat itu (ELT) akan rusak. Enggak akan berfungsi. Karena alat itu tidak didesain untuk tahan benturan keras. Bisa hancur," tutur Suryanto.

Selain flight plan sebagai cara mengetahui lokasi pesawat, informasi dari ATC mengenai komunikasi terakhir atau kondisi cuaca dan arah angin bisa menjadi pertimbangan titik lokasi.

"Semua data yang bisa dipakai untuk memperkirakan kita sudah dapat dari Aviastar. Mereka kooperatif," sambung dia.

Untuk membantu Basarnas mencari lokasi, maka KNKT akan mengirimkan timnya ke Makassar hari ini.

"Yang paling penting saat ini adalah menentukan lokasi pesawat. Mudah-mudahan bisa dilakukan rescue secepatnya. Itu yang kita kerjakan di KNKT. Sekarang saya mau ke Basarnas untuk mendiskusikan lokasi," pungkas Suryanto. (Ron/Nda)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.