Sukses

Jemaah Haji Indonesia Dilarang Ziarah ke Jeddah Terpopuler

Berikut Top 5 News edisi Jumat 2 Oktober 2015

Liputan6.com, Jakarta - Jemaah haji Indonesia dilarang melakukan ziarah ke Jeddah, Arab Saudi. Larangan tersebut sudah diberitahukan Muassasah Adilla, lembaga bentukan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi yang berwenang mengurus penyelenggaraan haji di Tanah Suci.

Informasi tersebut disampaikan kepada pemerintah melalui Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi.

Berita itu menjadi berita yang paling populer di kanal news Liputan6.com selama Jumat 2 Oktober 2015. Selain berita tersebut, berita Daftar Nama Penumpang dan Kru Pesawat Aviastar Hilang di Palopo, Ganasnya Api Membakar Gedung Pencakar Langit di UEA juga turut menyita perhatian pembaca sepanjang hari kemarin.

Berikut Top 5 News

1. Jemaah Haji Indonesia Dilarang Ziarah ke Jeddah

Jemaah haji Indonesia dilarang melakukan ziarah ke Jeddah, Arab Saudi. Larangan tersebut sudah diberitahukan Muassasah Adilla, lembaga bentukan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi yang berwenang mengurus penyelenggaraan haji di Tanah Suci.

Informasi tersebut disampaikan kepada pemerintah melalui Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi.

Konsuler Jenderal RI di Jeddah, Dharmakirty Syailendra Putra mengatakan, Muassasah Adilla telah menetapkan Jeddah bukan merupakan bagian dari kota peribadatan haji.

"Karenanya mereka melarang jamaah haji berziarah ke sini," kata Dharmakitry di Jeddah, seperti dilaporkan Liputan6.com di Jeddah, Arab Saudi, Jumat (2/10/2015).

Selanjutnya..

2. Daftar Nama Penumpang dan Kru Pesawat Aviastar Hilang di Palopo

Pesawat Aviastar PK-BRM ‎dinyatakan hilang kontak penerbangan dari bandara Andi Jemma Masamba, Lutra, Sulawesi Selatan menuju Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Jumat (2/10/2015).

7 penumpang yang berada di dalam pesawat tersebut diketahui masing-masing bernama:

1. Nurul Fatin M
2. Lisa Falentin
3. Riza Arman
4. Sakhi Arqam
5. M. Natsir
6. Afif (bayi)
7. Raya‎ (bayi)

Selengkapnya..

3. Ganasnya Api Membakar Gedung Pencakar Langit di UEA

Sebuah gedung hunian pencakar langit di Sharjah, Uni Emirat Arab (UEA), terbakar. Asap tebal berwarna hitam terlihat membumbung tinggi ke udara.

Gambar-gambar yang dipasang di media sosial menunjukkan, nyala api muncul dari berbagai lantai di gedung 32 lantai (26 lantai perumahan dan enam tingkat parkir mobil) tersebut. Ada yang menyebut si jago merah membakar dari lantai 3 dan merembet ke bagian atas gedung.

Puing-puing yang membara tampak berjatuhan ke sebuah lapangan parkir sekitar gedung.

Selengkapnya..

4. Tugas 25 Anak Magang yang Direkrut Ahok

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama belum lama ini merekrut sebanyak 25 anak magang sebagai stafnya. Lalu untuk apa pria yang karib disapa Ahok itu mencari anak-anak magang dari berbagai universitas tersebut?

Rupanya anak-anak magang itu direkrut untuk difungsikan layaknya auditor di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

"Jadi anak magang itu berhak menentukan dia mau periksa mana. Kaya auditor saja," kata Ahok di Balaikota, Jakarta, Kamis (1/10/2015).

Selengkapnya..

5. Hari Batik Nasional, saat Warisan Indonesia Diakui Dunia

Batik makin eksis. Beragam corak tradisional berpadu dengan warna-warna indah bakal bikin meriah Hari Batik Nasional yang jatuh pada hari ini.

Jumat (2/10/2015) ini adalah tahun ke-7 Hari Batik Nasional dirayakan sejak ditetapkan pada 2 Oktober 2009.

Pada 2009, Organisasi Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan, UNESCO mengesahkan batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. Batik masuk dalam Daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia.

Sebagai apresiasi atas pengakuan internasional terhadap batik, pemerintah menetapkan 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Setiap tanggal itu, semua kalangan masyarakat akan memilih batik sebagai pakaian pembungkus tubuhnya.

Selengkapnya..

(Ron/Nda)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini