Sukses

Puluhan Pondok Petani Dibakar

Puluhan pondok petani di Bukit Kaba, Rejang Lebong, dibakar petugas gabungan BKSD dan polisi. Para petani dianggap telah merambah kawasan hutan konservasi sehingga dapat mengganggu keseimbangan alam.

Liputan6.com, Curup: Puluhan pondok petani di kawasan Taman Wisata Bukit Kaba, Kabupaten Rejang Lebong, belum lama ini dibakar petugas gabungan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSD) Provinsi Bengkulu dan polisi. Para petani dinilai telah merambah kawasan hutan konservasi Bukit Kaba secara liar sehingga dapat mengganggu keseimbangan alam.

Tak hanya puluhan pondok para perambah liar yang dihancurkan dan dibakar, tanaman yang hampir siap panen turut dicabut. Operasi ini diduga sudah bocor karena sejumlah lahan sudah ditinggal pergi pemiliknya. Kendati demikian, razia terhadap perambah liar hutan konservasi ini menyisakan duka mendalam bagi para petani yang dianggap merambah hutan.

Dalam beberapa tahun terakhir, kawasan hutan Taman Wisata Alam di Bengkulu, khususnya di kawasan Bukit Kaba, Rejang Lebong, kondisinya memprihatinkan. Dari luas seluruhnya 15.000 hektare, 90 persen di antaranya sudah gundul akibat ulah penggarap liar [baca: Hutan Wisata Rejang Lebong 90 Persen Gundul].(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.