Sukses

Hari Kesaktian Pancasila Dinilai Jadi Momen Atasi Masalah Bangsa

Saat ini, Indonesia tengah mengalami pelambatan ekonomi dalam negeri ditambah bergejolaknya ekonomi global.

Liputan6.com, Jakarta - Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh setiap 1 Oktober dinilai sebagai momen pemerintah bangkit untuk mengatasi persoalan bangsa. Hal itu dengan kembali mengamalkan Pancasila dan UUD 1945.

Saat ini, Indonesia tengah mengalami pelambatan ekonomi dalam negeri ditambah bergejolaknya ekonomi global.

"Bangsa ini harus melawan pengaruh asing yang merusak tatanan politik dan ekonomi di Indonesia‎," kata Ketua Umum Solidaritas Rakyat Peduli Indonesia (Sorpindo) Adi Sempani di Jakarta, Kamis (1/10/2015).

Adi menilai, pengaruh global bisa mengancam kedaulatan Indonesia melalui berbagai bidang. Di antaranya melalui politik maupun budaya pada generasi muda anak bangsa. Untuk itu, kembali ia mengingatkan tentang pentingnya Pancasila dan UUD 1945.

"Pengamalan Pancasila dan UUD 1945 solusi ‎selamatkan Indonesia," ujar Adi.‎

Ketua Dewan Pembina Sorpindo Jenderal (Purn) TNI Djoko Santoso menambahkan, para pemimpin Indonesia harus ‎merangkul semua elemen bangsa untuk bersama-sama mengatasi setiap tantangan yang dihadapi.

"Pemimpin negara harus tampil sebagai pengayom semua golongan sekaligus pengawal cita-cita founding fathers yang sudah tercantum dalam Pancasila dan UUD 1945," kata Djoko Santoso. (Ali/Nda)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.