Sukses

Ahok: Saya Nggak Suka Orang Makan Daging Anjing

Desakan membuat aturan khusus pelarangan konsumsi daging anjing dalam bentuk Peraturan Gubernur (Pergub) terus bergulir.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok terus didesak menerbitkan aturan khusus, untuk melarang setiap warga Ibu Kota mengonsumsi daging anjing.

Namun, Ahok yang mengaku penyayang anjing, bingung harus bersikap seperti apa. Itu karena tidak ada dasar hukum yang melarang orang mengonsumsi anjing.

"Secara pribadi, saya juga enggak suka orang makan anjing. Saya pelihara anjing, saya sayang anjing. Tapi tidak ada undang-undang melarang orang makan anjing," ujar Ahok di Balai Kota, Jakarta, Kamis (1/10/2015).

Desakan membuat aturan khusus pelarangan konsumsi daging anjing dalam bentuk Peraturan Gubernur (Pergub) memang terus bergulir. Hanya saja, belum ada dasar hukum yang bisa digunakan Ahok untuk menerbitkan pergub itu.

Keluhan warga soal mengonsumsi daging anjing sudah disampaikan kepada Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan DKI Jakarta. Saat itu, saran yang disampaikan kepada Ahok mendorong adanya pergub.

Tapi, hal itu tidak bisa terealisasi karena belum ada hukum di Indonesia yang melarang orang mengonsumsi daging anjing. Meskipun banyak peredaran daging anjing rabies.

"Waktu itu saya katakan pada mereka banyak anjing-anjing rabies masuk Jakarta dikonsumsi, tolong itu diperiksa. Terus kata Dinas Kelautan, perlu ada pergubnya apa itu Pak? Yang benar aja, undang-undang kan sudah mengatur konsumsi daging, ya pakai itu aja. Gitu lho," tutup Ahok. (Rmn/Sun)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini