Sukses

32 Kloter Jemaah Haji Indonesia Tinggalkan Mekah

Sesuai aturan yang berlaku di bagian penerbangan, jemaah haji dilarang memasukkan air Zamzam ke dalam tas atau koper mereka.

Liputan6.com, Mekah - Tercatat 32 kloter jemaah haji Indonesia telah meninggalkan Kota Mekah, Arab Saudi, menuju Jeddah untuk pulang ke Tanah Air. Sampai Rabu (30/9/2015) pukul 13.00 waktu Arab Saudi, jemaah haji yang sudah meninggalkan Mekah mencapai 13.679 jemaah.

"Jemaah haji yang sudah meninggalkan kota Mekah berjumlah 13.679 jemaah," ujar Kepala Daker Mekah Arsyad Hidayat dalam keterangan tertulisnya, Kamis (1/10/2015).

Arsyad mengingatkan agar para jemaah haji tidak menyimpan air Zamzam dalam koper mereka. Itu karena sampai hari ini banyak koper jemaah yang terkena sweeping air Zamzam.

Sesuai aturan, lanjut Arsyad, yang berlaku di bagian penerbangan, jemaah haji dilarang memasukkan air Zamzam ke dalam tas dan koper mereka.

"Jika ditemukan air Zamzam, maka akan dikeluarkan dari tas. Sesuai ketentuan, jemaah haji akan mendapatkan 5 liter air Zamzam per jemaah," pungkas Arsyad.

Arsyad sebelumnya menyebutkan, bagi korban atau keluarga korban tragedi Mina yang ingin pulang lebih awal bisa mendaftar ke ketua kloter, yang kemudian diteruskan ke Kepala Daker Mekah. Kebijakan ini sebagai bentuk penghormatan pemerintah kepada korban dan keluarga korban tragedi Mina. (Rmn/Sun)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini