Sukses

Gempa 5,4 SR Getarkan Jayapura, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Atap-atap dan pagar rumah warga berguncang hingga menimbulkan bunyi yang menambah panik warga setempat.

Liputan6.com, Jayapura - Gempa 5,4 skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Jayapura, Papua, pagi ini pukul 06.20 WIB. Gempa di kedalaman 10 km ini dapat dirasakan hingga 4 MMI Sentani, 3-4 MMI Jayapura, dan 3 MMI di Kota Jayapura.

Pusat gempa di lokasi 2,49 Lintang Selatan, 140,33 Barat Timur BT terjadi di darat 22 km barat laut Kabupaten Jayapura.

"Kami masih menunggu kerusakan pascagempa dari staf kami di sekitar lokasi terdekat pusat gempa, yakni di Depapre. Bagi masyarakat atau teman-teman pers yang memiliki data kerusakan gempa, silakan diinformasikan kepada kami," kata salah satu staf di pelayanan jasa, Balai Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah V Jayapura, Agung Saptaji, ketika dihubungi Liputan6.com di Jayapura, Rabu (30/9/2015).

Saat gempa terjadi, warga kota dan kabupaten Jayapura terlihat panik dan berhamburan keluar rumah, gedung sekolah, serta perkantoran.

Atap-atap rumah warga dan pagar rumah berguncang hingga menimbulkan bunyi yang menambah panik warga setempat.

"Saya melihat rumah tetangga tepat di depan saya bergoyang. Saya tak pernah melihat guncangan gempa begitu hebat. Pasti pusat gempa ini di darat," kata Imam, salah satu warga Abepura, Kota Jayapura.

Tidak hanya itu, sejumlah kendaraan di ruas Jalan Warna juga sempat terhenti akibat guncangan gempa.

"Taksi yang saya kemudikan sempat saya hentikan di pinggir jalan. Ini untuk antisipasi guncangan gempa yang cukup kuat," ujar Marthen, salah satu sopir taksi jurusan Abepura-Waena. (Ali/Mvi)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.