Sukses

Suparno Yakin Istri Jadi Korban Tragedi Mina Karena Kerudung

Menteri Lukman memeluk Suparno untuk tabah menghadapinya.

Liputan6.com, Mekah - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyempatkan diri melihat langsung proses identifikasi foto jenazah korban tragedi Mina di Majma’ ath-Thaqary bil Mu’aishim, Minggu 27 September 2015 malam.

Ikut bersama Menteri Lukman, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Abdul Djamil, Irjen Kemenag M Jasin serta jajaran Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi.

Diajak oleh M Jasin, Suparno Mangunprawiro (59) jemaah asal Pontianak yang tergabung dalam kloter 14 embarkasi Batam (BTH 14) turut dalam rombongan. Tujuan Suparno jelas, ingin mencari foto istrinya yang sudah tidak ditemui sejak peristiwa Mina.

Suparno datang ke Mu’aishim dengan gelayut tanya, apakah istrinya masih hidup ataukah telah tiada?

Menteri Lukman bersama rombongan tiba di Muashim sekitar pukul 22.00 waktu Arab Saudi. Saat itu, ia didampingi Abdul Djamil langsung menuju ruang display foto korban untuk bersama-sama melihat foto-foto jenazah korban peristiwa Mina.

Sekilas mengamati, Menteri Lukman lalu meminta tim PPIH untuk cermat dan teliti dalam mengidentifikasinya. Sehingga tidak ada satu foto pun yang terlewati.

Selang setengah jam, Menteri Lukman keluar untuk menuju ke ruang display foto berikutnya. Baru saja keluar ruangan, langkahnya terhenti oleh panggilan sekretarisnya Khoirul Huda Basyir. Sang sekretaris memberitahukan kalau ada jemaah yang menemukan foto istrinya.

Menteri Lukman lantas bergegas masuk dan mendapati Suparno sedang mencermati sebuah foto korban dengan tanda khusus pada kerudung yang dikenakannya.

"Ini istri saya Pak. Saya yakin dari kerudung yang dipakainya," kata Suparno kepada Menteri Lukman mendekatinya, seperti dikutip kemenag.go.id, Rabu (30/9/2015).

"Bapak yakin kalau itu foto istri Bapak?" tanya Lukman dengan dijawab yakin.

Dalam foto itu tergambar wajah wanita yang mengenakan kerudung bermotif. Motif itu sepertinya sangat dikenali Suparno. Karenanya ia yakin jika itu adalah foto istrinya.

Kepada petugas identifikasi jenazah tragedi Mina, Menteri Lukman memintanya untuk mencatat nomor jenazah yang tertera difoto itu. Hal ini untuk melakukan langkah identifikasi lanjutan guna memastikan bahwa itu adalah jenazah Dahlia Sulaiman Hamdan (46), istri Suparno.

"Mudah-mudahan istri Bapak mendapatkan yang terbaik, semoga khusnul khatimah. Sabar ya," kata Lukman sembari memeluk Suparno lalu menepuk-nepuk pundaknya.

Suparno pun membalas hangat pelukan sang menteri.

Sementara, Kepala Daker Mekah Arsyad Hidayat yang ikut menyaksikan berkata, "insya Allah kalau memang itu, insya Allah syuhada."

Setelah melalui proses identifikasi, Selasa 29 September 2015 dini hari, Kepala Daker Mekah memastikan dan mengumumkan, Dahlia Sulaiman Hamdan menjadi salah satu korban tragedi Mina. (Ali/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.