Sukses

Selamat Tragedi Mina, 382 Jemaah Haji Sumut Tiba di Tanah Air

Imam menegaskan tidak ada jemaah haji asal Sumut yang menjadi korban tragedi Mina.

Liputan6.com, Medan - Jemaah haji Indonesia asal Sumatera Utara (Sumut) yang terdaftar dalam bagian Kloter 1 tiba di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, hari ini sekitar pukul 06.57 WIB. Jemaah haji yang tiba kali ini sebanyak 382 orang yang berasal dari Labuhanbatu dan Medan.

“Jemaah tiba di Bandara Kualanamu dan disambut langsung oleh Plt Gubernur Sumut T Erry Nuradi. Mereka langsung menuju Asrama Haji di Jalan AH Nasution Medan,” kata Anggota Humas Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan, Imam Mukhair, Selasa (29/9/2015).

Imam menjelaskan, dari 382 jemaah haji Kloter 1 yang tiba hari ini awalnya terdaftar sebanyak 378 orang, kemudian ada penambahan empat jemaah. Hal itu karena visa empat jemaah tersebut sempat bermasalah saat mau berangkat.

“Empat jemaah ini sebelumnya berangkat di Kloter 2, karena saat itu visa bermasalah. Sebenarnya empat jemaah ini terdaftar di Kloter 1,” jelas Imam.

Imam menerangkan, Kloter 2 direncanakan tiba di Bandara Kualanamu besok, Rabu, 30 September sekitar pukul 08.25 WIB, para jemaah Kloter 2 yang bakal tiba besok berasal dari Padang Lawas Utara (Paluta) dan Medan.

Disinggung ada tidaknya jemaah haji yang berangkat dari Embarkasi Medan menjadi korban di Mina, Imam menegaskan tidak ada jemaah haji asal Sumut yang menjadi korban tragedi Mina.

“Jemaah asal Sumut tidak ada yang jadi korban terkait tragedi Mina. Kalau yang wafat di Arab Saudi ada 10 orang. Rinciannya tujuh jemaah wafat karena sakit dan tiga jemaah wafat dalam insiden crane,” kata Imam. (Ron/Ein)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini