Sukses

Setya Novanto-Fadli Zon Tak Hadiri Pemeriksaan MKD

"Sudah izin lewat telepon. Jadi tertulis atau lewat telepon kan sama saja," kata Sudding di Gedung DPR, Senayan.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR Setya Novanto dan Wakil Ketua DPR Fadli Zon dipastikan tak hadir dalam panggilan pemeriksaan yang dilakukan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR hari ini. Setya dan Fadli sedianya akan diperiksa MKD terkait dugaan pelanggaran kode etik keduanya karena menghadiri kampanye bakal calon presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump beberapa waktu lalu.

Anggota MKD Syarifudin Sudding mengatakan, Setya Novanto telah mengajukan izin tidak bisa menghadiri panggilan MKD melalu sambungan telepon ke Kesetjenan DPR karena masih berada di Mekah, Arab Saudi.

"Sudah izin lewat telepon. Jadi tertulis atau lewat telepon kan sama saja," kata Sudding di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (28/9/2015).

Sementara itu, Fadli Zon mengajukan izin melalui surat yang dikirimkan melalui Kesetjenan DPR. Dalam surat itu, Kepala Biro Kesekretariatan Pimpinan DPR Dewi Barliana mengatakan, Setya Novanto dan Fadli Zon saat ini masih menjalankan ibadah haji di Mekkah dan baru akan tiba di Jakarta pada 30 September 2015.

"Sudah ada suratnya, kita maklumi tidak hadir," ujar Sudding.

Dalam surat yang dikirim Fadi Zon, dijelaskan juga bahwa Fadli akan mengikuti kegiatan Global Organzation of Parliamentarians Against Corruption (Gopac) di Yogyakarta pada 5-8 Oktober 2015 mendatang.

"Jadi kita memutuskan untuk melakukan panggilan kedua pada 12 Oktober," pungkas Sudding. (Ron/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.