Sukses

Angkut 47 orang, Kapal Rombongan Kuda Lumping Terbalik di Kutai

Diduga, terbaliknya kapal akibat penumpang melebihi kapasitas dan karena penumpang menumpuk di depan kapal.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah kapal feri berpenumpang 47 orang rombongan pemain kuda lumping dilaporkan terbalik di Sungai Mahakam, tepatnya di penyeberangan Desa Sebaya, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, sekitar pukul 05.30 Wita.

"Kapal feri KM Sely yang dinahkodai Abdul (42) tersebut, terbalik tadi pagi sekitar pukul 05.30 WITA di penyeberangan Desa Sebaya, Kecamatan Sebulu," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kutai Kartanegara, Darmansyah, seperti dikutip dari Antara, Minggu (27/9/2015).

Dari 47 penumpang, 10 di antaranya adalah wanita. Selain membawa penumpang, KM Sely juga juga memuat 2 truk. 46 orang berhasil selamat dari peristiwa itu, namun 1 penumpang atas nama Sardi (45), warga Handil Bhakti, Kecamatan Palaran, Samarinda, masih dalam pencarian.

"Sejauh ini, kami masih mendata jumlah penumpang secara pasti. Memang ada informasi, 1 orang yang dilaporkan hilang, namun kami belum bisa memastikan. Tetapi, upaya penyisiran dan penyelaman tetap kami lakukan untuk mencari penumpang yang dilaporkan hilang tersebut," kata Darmansyah.

"Kapal feri dan 2 truk yang sempat tenggelam tersebut saat ini sudah berhasil dievakuasi. Namun, pencarian terkait laporan adanya seorang penumpang hilang masih terus kami lakukan," sambung dia.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, rombongan pemain kuda lumping yang diangkut menggunakan 2 truk itu hendak kembali ke Palaran, setelah pementasan di Desa Sebulu Modern.

Diduga, terbaliknya kapal akibat penumpang melebihi kapasitas dan karena penumpang menumpuk di depan kapal.

"Kami belum tahu penyebabnya secara pasti, sebab saat ini masih berkonsentrasi mengevakuasi kapal dan truk serta mencari 1 korban yang dilaporkan hilang," pungkas Darmansyah. (Rmn/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.