Sukses

Menko Puan Maharani Berpidato di Markas PBB

Di hadapan para peserta Interactive Dialogue on Delivering on A Revitalized Global Partnership, Puan menyorot masalah kemiskinan dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani turut mendampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK ke New York, Amerika Serikat menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Pengesahan Agenda Pembangunan Pasca-2015 dan Sidang Majelis Umum Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) ke-70. Di hadapan para peserta Interactive Dialogue on Delivering on A Revitalized Global Partnership, Puan menyorot masalah kemiskinan dunia.

"Meskipun tanggung jawab utama pembangunan ekonomi dan sosial berada di tangan masing-masing negara, kerja sama internasional diperlukan untuk membantu negara-negara berkembang dengan memperhatikan prinsip keadilan sosial dan kemanusiaan," kata Puan di Markas Besar PBB, New York, Amerika Serikat, seperti disampaikan dalam rilis yang diterima Liputan6.com,  Minggu (27/9/2015).

Dia menilai, kerja sama internasional dibutuhkan untuk membantu negara-negara berkembang mencapai tujuan pembangunannya.

"Meskipun tanggung jawab utama pembangunan ekonomi dan sosial berada di tangan masing-masing negara, kerja sama internasional diperlukan untuk membantu negara-negara berkembang dengan memperhatikan prinsip keadilan sosial dan kemanusiaan," ujar Menko Puan.

"Untuk mempercepat upaya pencapaian target dan tujuan pembangunan, negara-negara berkembang perlu memperkuat kerja sama internasional yang berlandaskan azas gotong royong," imbuh dia.

Menurut Puan, hal penting lain yang diperlukan negara berkembang adalah pembukaan akses pasar yang luas. Selain itu adalah kesempatan untuk mengembangkan industri dan memproduksi barang yang memiliki nilai tambah.

Puan menuturkan, kemitraan antara pemerintah dengan kalangan swasta dan masyarakat sipil berperan besar dalam penciptaan lapangan kerja dan pemberdayaan masyarakat.

"Kemitraan tersebut akan memberi dampak positif yang kuat dalam meningkatkan hajat hidup masyarakat yang membutuhkan," ujar Puan.

Kunjungan Menko Puan Maharani ke New York kali ini adalah dalam rangka mendampingi Wapres Jusuf Kalla menghadiri KTT Pengesahan Agenda Pembangunan Pasca-2015 dan Sidang Majelis Umum PBB ke-70. (Ndy/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • Puan Maharani merupakan anak ketiga Megawati atau anak pertama Megawati dari suaminya Taufiq Kiemas
    Puan Maharani merupakan anak ketiga Megawati atau anak pertama Megawati dari suaminya Taufiq Kiemas

    Puan Maharani

  • JK

  • PBB

Video Terkini