Sukses

Demi Kesehatan, Dalai Lama Batalkan Kunjungan ke AS

Pembatalan ini terkait nasihat dari dokter pribadinya, setelah dia melakukan pemeriksaan kesehatan rutin.

Liputan6.com, Tibet - Pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama dipastikan membatalkan kunjungan ke Amerika Serikat (AS) Oktober nanti. Pembatalan ini terkait nasihat dari dokter pribadinya, setelah dia melakukan pemeriksaan kesehatan rutin.

Pernyataan yang dikeluarkan Sekretarisnya di India, Tenzin Taklha menyebut Dalai Lama kemungkinan besar akan beristirahat selama beberapa pekan. Namun, mereka memastikan bahwa Dalai Lama tidak menderita sakit.

"Dokter telah menasehati Dalai Lama untuk beristirahat beberapa Minggu. Oleh sebab itu, kunjungannya ke AS Oktober ini harus ditunda," sebut Taklha, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (26/9/2015).

"Kami sangat menyesal dan meminta maaf atas ketidaknyamanan ini, kepada semua orang yang merencanakan kunjungannya tersebut juga ke masyarakat luas. Kami berterima kasih atas dukungan dan pengertiannya," sambung dia.

Dalai Lama diketahui melakukan pemeriksaan kesehatan rutin di Rochester, Minnesota AS. Kegiatan tersebut dilaksanakan pria berusia 80 tahun itu di tengah sidang Majelis Umum PBB yang berlangsung di New York.

Namun, dalam kesempatan itu, pria yang saat ini hidup di penangsingan itu memutuskan tidak akan menemui atau melakukan pertemuan bilateral atau multilateral dengan pemimpin dunia. Dalai Lama hanya akan mengkonsenterasikan diri kepada pemeriksaan kesehatan. (Ger/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.