Sukses

3 Gunung di Sulut Alami Kebakaran Lahan

Liputan6.com, Manado - Kebakaran lahan terjadi di 3 kawasan gunung di Provinsi Sulawesi Utara, yaitu Gunung Lokon di Kota Tomohon, Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara dan Gunung Klabat di Kabupaten Minahasa Utara terbakar.

"Pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, aparat TNI/Polri terus berupaya memadamkan api yang masih menyala," kata Kepala Dinas Kehutanan Herry Rotinsulu di Tomohon, Jumat (25/9/2015) seperti yang dilansir Antaranews.

Sejauh ini, kata dia, luas kawasan Gunung Klabat yang terbakar sekitar 35 hektare dan cagar alam Gunung Lokon berkisar 100 hektare. Sementara luas lahan di kawasan Gunung Soputan yang terbakar masih dihitung.

Kebakaran lahan yang terjadi saat ini dipicu fenomena el nino. Peristiwa ini diperkirakan akan terjadi hingga Desember 2015. Selain itu, kebakaran ini akibat kesengajaan masyarakat yang membuka atau membersihkan lahan dengan cara membakar.

"Dampak kebakaran ini yaitu merugikan aspek ekonomi yang dialami sektor darat, laut dan udara, secara ekologi memusnahkan flora dan fauna serta kesehatan yaitu terganggunya infeksi saluran pernapasan atas (ISPA)," ujar Herry.

Dia berharap masyarakat lebih memperhatikan fenomena iklim dan tidak memicu kebakaran.

"Prinsip yang perlu dipegang terkait dengan kebakaran hutan dan lahan adalah lebih baik mencegah dari pada memadamkan," tukas Herry. (Bob/Ado)