Sukses

Cara Masjid Istiqlal 'Sulap' Kurban Kambing Jadi Sapi Terpopuler

‎Jika terdapat 7 donatur mengamanatkan kurban berupa kambing, maka akan disiasati menjadi 1 ekor sapi, atas persetujuan sang donatur.

Liputan6.com, Jakarta - Masjid Istiqlal bisa 'menyulap' kurban kambing menjadi sapi. ‎Jika terdapat 7 donatur mengamanatkan kurban berupa kambing, maka akan disiasati menjadi 1 ekor sapi. Namun, inisiatif itu tentu atas persetujuan dari sang donatur. Kabar ini menjadi berita yang paling banyak dibaca sepanjang Kamis kemarin.

Disusul oleh berita tentang tragedi Mina, Mekah, Arab Saudi yang menelan ratusan korban jiwa. Termasuk rekaman kamera video amatir dari kejadian yang menunjukkan suasana panik pascakejadian. Terlihat para korban terbaring, sementara paramedis berupaya keras menolong jiwa mereka.

Top 5 News Selengkapnya:

1. Cara Masjid Istiqlal Sulap Kurban Kambing Jadi Sapi

Masjid Istiqlal mempunyai cara tersendiri dalam mengelola hewan kurban yang diamanatkan para donaturnya. Masjid terbesar se-Asia Tenggara itu menerima 2 model penyaluran hewan kurban. Pertama dalam bentuk uang dan kedua langsung berupa hewan kurban.

"Untuk masyarakat yang ingin berkurban kambing bisa juga dengan menyetorkan uang Rp 3 juta. Kalau sapi ‎1 ekor sama dengan uang Rp 21 juta. Bisa juga langsung membawa hewannya ke sini," ujar Kepala Humas Masjid Istiqlal Abu Hurairah di kantornya, Rabu 23 September 2015.

Selain itu, Masjid Istiqlal bisa 'menyulap' kurban kambing menjadi sapi. ‎Jika terdapat 7 donatur mengamanatkan kurban berupa kambing, maka akan disiasati menjadi 1 ekor sapi. Namun, inisiatif itu tentu atas persetujuan dari sang donatur.

Selengkapnya...

2. Korban Jiwa Musibah Haji di Mina Bertambah Jadi 220 Orang

Musibah terjadi pada akhir pelaksanaan ibadah haji di Mina, Arab Saudi, Kamis 24 September 2015.

Akibat berdesak-desakan, sejumlah jemaah haji menjadi korban. Badan Pertahanan Sipil Arab Saudi atau Civil Defense Service melaporkan, hingga berita ini diturunkan, jumlah yang wafat menjadi 220 orang, sementara 450 lainnya mengalami luka-luka.

"Insiden terjadi di Mina, kota tetangga Mekah," demikian dilaporkan al-Ekhbariya mengutip pernyataan pejabat pertahanan sipil, seperti Liputan6.com kutip dari Russian Today.

Badan pertahanan sipil sejauh ini telah mengirimkan 2 tim medis ke lokasi kejadian. Para petugas segera memberikan pertolongan bagi para korban.

Selengkapnya...

3. Jemaah Haji Wafat di Tragedi Mina Mencapai 310 Jiwa

Korban wafat musibah Mina, dilaporkan bertambah. Sampai saat ini jumlah jemaah yang tewas mencapai 310 jiwa.

Dilansir dari Russian Today, Kamis 24 September 2015, di samping ratusan korban jiwa, terdapat pula 450 orang terluka. Keterangan tersebut disampaikan oleh Badan Keamanaan Sipil Arab Saudi.

Kurang dari satu jam lalu, Badan Negera itu menyebut korban jiwa sebanyak 220 orang. Sementara cedera jumlahnya tidak berubah 40 orang,

Insiden sebelumnya juga pernah terjadi di Mina. Yang terparah pada 1990, lebih dari 1.400 jemaah wafat akibat berdesakan di terowongan yang kala itu mengalami kurang oksigen.

Selengkapnya...

4. Insiden di Mina, 150 Jemaah Haji Wafat

Insiden kembali mewarnai pelaksanaan ibadah haji tahun ini. Kamis 24 September 2015, setidaknya 150 jemaah dilaporkan wafat di Mina, yang terletak sekitar 5 km dari Mekah.

Kabar tersebut diungkapkan pihak pertahanan sipil atau Saudi Civil Defense Directorate dalam akun Twitternya. Laporan itu juga mengabarkan, 400 jemaah mengalami luka-luka akibatnya.

Seperti dikutip dari The Guardian, insiden terjadi pada akhir pelaksaan ritual haji yang bertujuan membersihkan jiwa dan memperkuat persaudaraan sesama muslim.

Insiden sebelumnya juga pernah terjadi di Mina. Yang terparah pada tahun 1990, lebih dari 1.400 jemaah wafat akibat berdesakan di terowongan yang kala itu mengalami kurang oksigen.

Selengkapnya...

5. Video Pasca-musibah yang Tewaskan 220 Jemaah Haji di Mina

Kabar duka datang dari Tanah Suci. Akibat berdesakan, sebanyak 220 jemaah haji dilaporkan wafat, sementara 450 orang lainnya mengalami luka-luka.

"Insiden terjadi di Mina, kota tetangga Mekah," demikian dilaporkan al-Ekhbariya mengutip pernyataan pejabat pertahanan sipil, Kamis (24/9/2015).

Kejadian memprihatinkan tersebut terekam kamera video amatir. Yang menunjukkan suasana panik pasca-kejadian. Terlihat para korban terbaring, sementara paramedis berupaya keras menolong jiwa mereka.

Juga terekam bagaimana para jemaah yang selamat, berusaha memberi pertolongan juga mendoakan para korban.

Selengkapnya...

(Ado/Vra)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini