Sukses

Pantau Korban Tragedi Mina, Menag Lukman Hakim ke RS

Lokasi musibah terletak sekitar 5 km di luar kota Mekah, tempat 160 ribu tenda didirikan untuk menampung jutaan jemaah.

Liputan6.com, Mina - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menuju rumah sakit pemerintah Arab Saudi, Al Jisr, di Mina, yang menjadi tempat rujukan korban meninggal maupun cedera dalam peristiwa di Jalan 204 di Mina.

Menag didampingi Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Abdul Djamil dan Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis, sekitar pukul 13.30 Waktu Arab Saudi (WAS) menuju rumah sakit tersebut dari Kantor Misi Haji Indonesia di Syisyah.

Musibah yang terjadi di Mina, Arab Saudi, Kamis 24 September 2015, menjadi yang terparah kedua dalam kurun waktu seperempat abad sejak 1990. Tercatat ada 717 jemaah haji yang dinyatakan meninggal dunia, sementara 800 lainnya luka-luka hingga pukul 20.11 WIB.

Korban jiwa dimungkinkan terus bertambah. Belum ada jumlah pasti.

Lokasi musibah terletak sekitar 5 km di luar kota Mekah, tempat 160 ribu tenda didirikan untuk menampung jutaan jemaah yang akan melakukan ritual lempar jumrah.

Seperti dikutip dari The Guardian, insiden terjadi saat dua kelompok besar peziarah bertemu di persimpangan besar. Desakan dan saling dorong tak terelakkan. (Ant/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.