Sukses

Jokowi Serahkan Sapi 1,3 Ton di Masjid Istiqlal

Sapi tersebut akan disembelih malam ini.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo menyerahkan seekor sapi ke Masjid Istiqlal. Penyerahan sapi seberat 1,3 ton itu diwakili sejumlah menteri Kabinet Kerja pemerintahan Jokowi-JK yang melaksanakan salat Iduladha di masjid terbesar di Asia Tenggara itu.

Para menteri yang mewakili Jokowi antara lain Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi, Menteri PPN/Kepala Bappenas Sofyan Djalil, dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

"Saya bersama Bapak Sofyan Djalil dan Amran Sulaiman, kami atas nama pemerintah Jokowi mengucapkan Bismillah, puji syukur hari ini menyerahkan hewan kurban kepada pelaksana pengelola Masjid Istiqlal untuk diberikan kepada masyarakat. Ini hewan kurban dari presiden yang merupakan salah satu di antara yang diserahkan di tempat lain," ujar Yuddy saat menyerahkan sapi dari Jokowi kepada pengelola Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Kamis (24/9/2015).

Sapi yang diserahkan melalui Menteri Yuddy langsung diterima oleh panitia kurban Masjid Istiqlal. Sapi tersebut akan disembelih malam ini.

"Kami terima hewan kurban dari presiden dengan bobot 1,3 ton. Kami terima dan kami laksanakan pemotongan malam nanti dan didistribusikan kepada komunitas-komunitas yang ada di Jakarta," jawab Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal (BPPMI) Mubarok.

Menteri Yuddy mewakili Presiden Joko Widodo menyerahkan sapi tersebut dikarenakan Presiden Jokowi melangsungkan salat Iduladha di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Jokowi juga akan meninjau langsung kondisi bencana kabut asap yang menyelimuti kota tersebut.

Setelah itu diserahkan pula hewan kurban dari Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK seberat 1,2 ton kepada panitia oleh Menteri Pertanian Amran Sulaiman. Saat penyerahan, Amran didampingi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Sofyan Djalil. JK sendiri saat ini tidak berada di Tanah Air karena sedang berkunjung ke Amerika Serikat.

Menteri Yuddy atas nama keluarga besar Kementerian PAN-RB, juga menyerahkan hewan kurban berupa seekor sapi seberat 980 kilogram kepada panitia.

Penyerahan hewan-hewan kurban tersebut dilaksanakan usai salat Iduladha yang dipimpin imam Drs H Hasanuddin Sinaga, MA, serta khotib Prof Dr HM Amin Abdullah, Guru Besar UIN Sunan Kalijaga. (Mvi/Bob)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini