Sukses

Ribuan Warga Salat Iduladha di Masjid Istiqlal

Puluhan polisi gabungan dari beberapa kesatuan ikut mengamankan Masjid Istiqlal untuk menjaga kelancaran salat.

Liputan6.com, Jakarta - Masjid Istiqlal dipadati ribuan warga yang melaksanakan Salat Iduladha pada hari ini. Tidak sedikit di antara jemaah yang salat di area depan atau halaman masjid.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com di Masjid Istiqlal, Kamis (24/9/2015) pagi, ribuan jemaah memenuhi seluruh bagian dari masjid yang terbesar di ibukota itu. Bangunan masjid tidak dapat menampung jemaah, sehingga tidak sedikit dari mereka yang mengikuti salat di luar masjid.

Pelaksanaan Salat Iduladha kali ini tidak dihadiri Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Sebab, Jokowi melaksanakan salat di Masjid Agung Al-Karomah Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, sedangkan Wapres JK sedang berada di Amerika Serikat untuk mengikuti sidang PBB.

Meski demikian, pengamanan tetap ditingkatkan dari biasanya. Puluhan polisi gabungan dari beberapa kesatuan ikut mengamankan Masjid Istiqlal untuk menjaga kelancaran dan ketertiban berlangsungnya salat Iduladha.

Salat Id dimulai tepat pukul 07.00 WIB dengan dipimpin oleh Imam Hasanudin dan khotbah disampaikan oleh Khotib Amin Abdullah selaku Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Khotbah di Masjid Istiqlal mengambil tema "Berkurban untuk Kemajuan Bangsa dan Peradaban". (Mvi/Mar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.