Sukses

Kedatangan Jokowi ke Jambi Dipercepat Petang Nanti

Langkah ini dilakukan agar asap tidak lagi sampai ke Bandara Jambi, sehingga pesawat RI 1 bisa mendarat dengan jarak pandang aman.

Liputan6.com, Jambi - Kedatangan Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke Jambi yang sebelumnya dijadwalkan Jumat petang 25 September besok, dipercepat menjadi Kamis (24/9/2015) petang nanti.

Danrem 042/Garuda Putih Kolonel Inf Makmur melalui Kapenrem Mayor Inf Imam Syafii, membenarkan perihal perubaham jadwal kunjungan kerja Presiden tersebut.

"Betul, Presiden Jokowi datang ke Jambi dipercepat menjadi tanggal 24 September," kata Mayor Imam, Rabu malam 23 September 2015.

Di Jambi, Presiden akan meninjau posko penanggulangan bencana kabut asap di Bandara Sultan Thaha dan dilanjutkan dengan peninjauan lokasi eks kebakaran di Desa Solok Sakean, Kabupaten Muarojambi.

Penjabat Gubernur Jambi Irman mengatakan, Pemprov Jambi beserta jajaran terkait telah berkoordinasi dengan Pemprov Sumsel, agar seluruh sumber daya yang ada dikerahkan untuk memadamkan kebakaran lahan dan hutan di wilayah perbatasan Jambi-Sumsel, tepatnya di Kabupaten Banyuasin.

Langkah ini dilakukan agar asap tidak lagi sampai ke Bandara Jambi, sehingga pesawat RI 1 bisa mendarat dengan jarak pandang aman.

"Dalam waktu bersamaan Pemprov Jambi juga terus berupaya melakukan pemadaman kebakaran lahan dan hutan dengan memaksimalkan 3 unit helikopter water bombing yang ada," kata dia.

Penanggulangan Kabut Asap

Dia juga mengatakan Pemprov Jambi bersama instansi terkait telah berupaya maksimal, namun sangat berharap agar hujan turun sebelum kedatangan Presiden.

"Bagaimanapun hujan dari Yang Maha Kuasa yang ampuh menghilangkan asap. Soal alternatif jalur kedatangan jika Bandara Jambi tidak bisa didarati, itu masih akan kita rapatkan," ujar Irman.

Kedatangan Jokowi ke Jambi berkaitan dengan penanggulangan kabut asap akibat kebakaran lahan dan hutan dan penanganan penderita Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) sebagai dampak dari kabut asap tersebut.

Lokasi yang direncanakan akan dikunjungi Jokowi, yakni posko Satgas Karhutla di Bandara Sultan Thaha Jambi dan lokasi eks kebakaran lahan gambut di Desa Solok Sakean, Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muaro Jambi.

Lokasi lain yang dikunjungi Jokowi yakni Puskesmas Putri Ayu, Kota Jambi. Puskesmas ternama di Kota Jambi itu menjadi salah satu puskesmas yang menangani penderita ISPA terbanyak selama kabut asap melanda Jambi. (Ant/Ado/Mar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini