Sukses

4 Fakta Unik Mengenai TV LED yang Perlu Anda Ketahui

Ada banyak hal menarik tentang TV LED, namun 4 fakta unik mengenai TV LED ini perlu Anda ketahui

Liputan6.com, Jakarta Televisi merupakan perangkat elektronik yang bisa menjadi media hiburan keluarga dan sarana informasi tentang berita-berita terkini di penjuru dunia. Melalui televisi Anda bisa mengetahui apa yang terjadi di luar sana.

Televisi yang dulu hanya bertipe tabung, berukuran 14 inchi, layar cembung, dan gambar hitam putih. Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, kini muncul televisi yang berukuran tipis dengan layar datar dan dilengkapi teknologi canggih yang dikenal TV LED.

Ada banyak hal menarik tentang TV LED,  namun 4 fakta unik mengenai TV LED berikut ini perlu untuk Anda ketahui:

1.  TV LED beda dengan TV LCD

TV LED berbeda dengan TV LCD. TV LED merupakan pengembangan dari TV LCD. Pada TV LED terdapat penggantian di bagian pencahayaan yang diganti dengan LED (sistem cahaya emitting diode). TV LED juga lebih hemat listrik. TV LED dengan ukuran layar besar pun tetap akan hemat listrik dibandingkan dengan TV LCD atau TV Tabung.

2. TV LED Bisa Lebih Tipis

TV LED bisa berukuran lebih tipis karena ada teknologi yang memindahkan lapisan tambahan ke bagian samping layar TV dalam bentuk backlighting. LED dipasang di empat sisi TV untuk memproyeksikan cahaya. Cahayanya juga diproyeksikan ke bagian tengah dengan lightguide yang telah dipasang.

3. TV LED Lebih Awet dan Bertahan

Rata-rata TV LED bisa bertahan dengan pemakaian di atas 75 ribu jam. Bahkan, untuk merk-merk tertentu yang sudah ternama, usia ketahanan pemakaiannya bisa lebih lama. TV LED termasuk awet dari segi usia ketahanan.

4. Cara Perawatan LED TV Mudah

Dari segi harga, TV LED termasuk mahal untuk saat ini. Namun tidak semua barang mahal harus dirawat dengan cara yang ribet. Kita hanya perlu melakukan cara sederhana di bawah ini untuk merawat TV LED:

- Jaga agar suhu di sekitar ruangan TV LED Anda tidak terlalu panas, paling tinggi adalah 35 derajat celcius.

- Usahakan agar cahaya atau penerangan dalam ruangan TV LED Anda juga tidak terlalu terang.

- Setting TV LED Anda dengan sewajarnya, jangan terlalu tinggi.

- Jika ada gangguan siaran dari jaringan TV, segera matikan TV LED Anda terlebih dahulu, kemudian refresh kembali jaringan TV Anda tersebut.

- Jangan biarkan TV menyala terus, atur waktu menonton TV LED untuk keluarga Anda di rumah.

Ganti televisi lamamu dengan TV LED. Temukan kemudahan, kemanan, dan kenyamanan belanja TV LED serta barang elektronik dan gadget cuma di Bukalapak.com.

(Adv/GR)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini