Sukses

Ribuan Warga Muhammadiyah Salat Id di Alun-Alun Utara Yogyakarta

Panitia juga menyembelih 11 sapi dan 23 kambing.

Liputan6.com, Yogyakarta - Ribuan warga Muhammadiyah menggelar salat Iduladha di beberapa tempat di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Beberapa lokasi yang dijadikan tempat salat antara lain lapangan Kantor Pemerintah Kota Yogyakarta, Stadion Mandala Krida, dan lapangan alun-alun utara depan Kraton Yogyakarta.

Salat Iduladha di Alun-Alun Utara Yogyakarta, Rabu (23/9/2015) diimami Sekretaris Umum Pimpinan Muhammadiyah Abdul Mu'ti.

Koordinator lapangan Panitia Hari Besar Islam Budi Setiawan mengatakan, jumlah jemaah salat Iduladha tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Tahun lalu 20.000 orang dan sekarang menjadi 15.000 orang.

"Namun tidak menjadi masalah. Kami mengimbau pelaksanaan salat Id besok bisa berjalan dengan baik, termasuk penyembelihan dan pembagian hewan," kata Budi.

Budi mengatakan, panitia juga menyembelih hewan kurban yaitu 11 sapi dan 23 kambing. Dari jumlah itu ada 2 ekor sapi pemberian dari Siti Hediati Harjadi atau Titik Suharto dan Gubernur DIY Yogyakarta Sultan Hamengku Buwono X.

"Semua penyembelihan kami lakukan di Masjid Kauman," kata dia.

Budi menjelaskan, selain di Masjid Kauman, Angkatan Muda Muhammadiyah juga memotong hewan kurban di daerah kekeringan di Yogyakarta, seperti di Kabupaten Gunungkidul, Kulonprogo, dan sebagian wilayah Sleman.

Selain itu, angkatan muda Muhammadiyah juga akan menyalurkan batuan air bersih di Gunungkidul. "Itu akan dilakukan angkatan muda Muhammadiyah besok," ujar Budi. (Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.