Sukses

Obama Umumkan Kebakaran California sebagai Bencana Besar

Deklarasi bencana ini memungkinkan warga untuk mengajukan hibah untuk perbaikan, dan pinjaman murah bagi properti yang tak diasuransikan.

Liputan6.com, Middletown Presiden Barack Obama mengumumkan bahwa kebakaran hutan di Utara California adalah bencana besar. Kebakaran hutan ini telah menghancurkan setidaknya 1.600 rumah dan menewaskan lima orang. Pernyataan ini diumumkan pada Selasa 22 September 2015.

Deklarasi dikeluarkan setelah kebakaran melanda Lake County, 145 km utara San Fransisco. Pemerintah Federal segera menggelontorkan dana untuk pemulihan dan pembersihan, termasuk dana yang besar untuk membangun rumah sementara, saat rumah-rumah diperbaiki.

Kebakaran hutan yang mematikan ini dimulai pada 12 September, dan menjadikannya salah satu kebakaran di California yang paling hebat serta menghancurkan lebih dari 79 persen dari total wilayah 198 km persegi.

Ribuan orang dipaksa meninggalkan tempat tinggalnya saat puncak kebakaran terjadi. Dua pria dilaporkan hilang, menurut sherif Lake County.

Pihak keamanan mencari Robert Litchman pria berusia 61 tahun dari Kota Middletwon, serta Robert Fletcher (66) dari kota Cobb.

Kepala Polisi Biran Martin dalam keterangannya mengatakan, 15 orang dilaporkan hilang semenjak kebakaran dimulai. Semua telah ditemukan kecuali dua orang tersebut.

"Kami berharap mereka berdua ditemukan," kata Martin seperti dikutip dari ABCNews, Rabu (29/9/2015).

Kebakaran ini menewaskan setidaknya lima orang. Salah satu jenazah perempuan lanjut usia ditemukan tewas mengenaskan di rumahnya yang terbakar.

Dua jenazah lainnya adalah mantan wartawan lokal Leornard Neft (69) dan lansia lainnya berusia 65 tahun. Sementara itu, dua lainnya belum diindentifikasi.

Beberapa daerah masih dalam evakuasi setelah lebih dari seminggu api mulai membara. Tim pemadam kebakaran dan relawan masih terus membersihkan puing-puing, pohon tumbang, dan mengembalikan kabel listrik yang rusak.

Deklarasi bencana oleh presiden memungkinkan warga dan pemilik usaha mengajukan hibah untuk perbaikan rumah sementara, serta mengajukan pinjaman murah untuk properti yang tidak diasuransikan.

Gubernur California Jerry Brown meminta deklarasi bencana untuk kebakaran di Lake County juga diterapkan di kebakaran lain yang merusak di wilayah Calaveras dan Amador County, sekitar 201 kilo meter sebelah timur San Francisco.

Pejabat federal mengatakan, pihaknya masih bekerja keras untuk permintaan deklarasi untuk kebakaran lainnya, kata Kelly Huston, wakil direktur Kantor Gubernur untuk Layanan Darurat. Di wilayah ini, kebakaran menghanguskan 177 km per segi atau 82 persen. (Rie/Sar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.