Sukses

Benda Mirip Bom di Paseban Jakpus Diduga Diletakkan Pemotor

Pelaku menjatuhkan benda mirip bom saat melintas di depan TK Trisula, Jalan Kramat Sawah, Paseban, Jakarta Pusat.

Liputan6.com, Jakarta - Benda mencurigakan mirip bom yang menghebohkan warga Kelurahan Paseban, Senen, Jakarta Pusat, diduga sengaja diletakkan oleh seorang pengendara motor. Pelaku saat itu melintas di depan TK Trisula, Jalan Kramat Sawah No 89, RT 02 RW 07, Paseban.

"Bungkusan yang mencurigakan itu diletakkan oleh pengendara motor yang berboncengan 2 orang. Keduanya memakai helm," ucap Kapolsek Senen Kompol Kasmono saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Selasa (22/9/2015) malam.

Kasmono menjelaskan, berdasarkan penuturan saksi, kedua orang tersebut meletakkan bungkusan misterius itu dengan tergesa-gesa. Warga sempat mengira paket itu terjatuh. Namun saat dibuka ternyata ada lilitan kabel menyerupai bom rakitan yang terbungkus plastik kresek.

"2 Orang berboncengan motor lewat di jalan tersebut. Tiba-tiba meletakkan benda berbentuk kotak kardus yang di dalamnya ada bungkusan plastik kresek di tengah jalan dengan cepat. Warga mengira bungkusan itu jatuh, bukan sengaja diletakkan," tutur Kasmono.

Melihat bungkusan tergeletak, warga pun langsung mengeceknya. Warga terkejut saat mendapati bungkusan tersebut berisi lilitan kabel menyerupai bom rakitan. Benda diduga bom itu langsung diamankan Tim Gegana Polda Metro Jaya yang tiba di lokasi.

"Saat ini benda mencurigakan tersebut sudah diledakkan Tim Gegana Polda Metro Jaya,"‎ pungkas Kasmono.

Gegerkan Warga Paseban

Sementara itu Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Mohammad Iqbal mengatakan, benda tersebut diletakkan 2 pria yang berboncengan sepeda motor sore tadi sekitar pukul 16.30 WIB, tepat di depan TK Trisula, Jakarta Pusat.

"Menurut keterangan saksi mata Toni (28), sekitar pukul 16.30 WIB tadi, dirinya melihat dua pria berboncengan satu sepeda motor meletakkan bungkusan mencurigakan itu di tengah jalan," ujar Iqbal saat dikonfirmasi, Selasa 22 September 2015.

Toni, imbuh Iqbal, mengaku tidak sempat melihat wajah pria yang meletakkan kardus mencurigakan itu, karena kedua pelaku menggunakan helm. Pria yang sehari-hari bekerja sebagai kurir ekspedisi ini pun dirundung rasa penasaran dan akhirnya memberanikan diri memeriksa isi dari kardus tersebut.

"Saat dibuka, saksi Toni ini kaget karena di dalamnya ada ada kabel dan benda-benda yang mencurigakan. Bendanya kami tidak tahu apa, masih diperiksa. Tapi yang jelas ada kabel-kabel. Kemudian benda tersebut dipindahkan ke pinggir dalam kondisi terbuka dan terlihat kabelnya," jelas Iqbal.

Iqbal menerangkan, saksi pun mengadukan penemuan benda diduga bom tersebut ke pos polisi. Menanggapi aduan ini, anggota Polsek Senen pun meminta bantuan Tim Gegana Polda Metro Jaya untuk mengamankan benda itu.

"Tim Gegana dipimpin Iptu Reza dengan 10 anggotanya. Selanjutnya oleh tim Gegana dilakukan penembakan discover," pungkas Iqbal. (Ans/Ron)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini