Sukses

Ini Alasan Gayus Tidak Dikirim ke Nusakambangan

Lapas maximum security memang di Nusakambangan, tapi sedang direhab.

Liputan6.com, Jakarta- Terpidana kasus pajak, Gayus Tambunan kembali berulah. Foto dirinya sedang makan di sebuah restoran bersama 2 perempuan beredar. Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen Pas) memutuskan memberi sanksi dengan memindahkan Gayus ke LP Gunung Sindur, Bogor.

Mengapa Gayus tidak dipindah ke LP Nusakambangan?

"Gayus dipindahkan sementara ke Gunung Sindur karena paling siap di sana. Lapas maximum security memang di Nusakambangan, tapi sedang direhab. Karena itu paling mungkin di Lapas Gunung Sindur," jelas Direktur Informasi dan Komunikasi Ditjen Pas Aman Riyadi di kantornya, Jakarta, Selasa (22/9/2015).

Aman menjelaskan, selain alasan keamanan, proses pemeriksaan atas kasus ini juga masih berjalan. Bila dipaksakan untuk pindah ke Nusakambangan, pemeriksaan tentu bisa terhambat.

"Tentu proses belum selesai. Sekarang kalau ke Nusakambangan proses pemeriksaan sangat jauh karena itu dipindah ke Gunung Sindur dekat dan sama sama maximum security," tambah dia.

Bila proses pemeriksaan sudah selesai, bukan tidak mungkin Gayus akan dipindah ke Nusakambangan. Hal itu tergantung keputusan Menteri Hukum dan HAM.

"Kalau kebijakan pimpinan dipindah ke sana pasti ke sana," tutup Aman. (Ron/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.