Sukses

Geliat Jemaah Haji Bergerak ke Arafah Sejak Senin Malam

Sebelum masuk terowongan, setiap kendaraan diperiksa identitasnya.

Liputan6.com, Mekah - Puncak haji wukuf di Arafah akan berlangsung pada Rabu 23 September 2015 besok. Namun sejumlah jemaah haji sudah mulai masuk ke wilayah Armina sejak Senin malam 21 September 2015.

Seperti dikuti dari laman Kemenag.go.id, Selasa (22/9/2015), sekitar pukul 23.00 waktu Arab Saudi (WAS), antrean bus kerap terjadi di mulut terowongan King Fahd. Rute ini adalah yang biasa digunakan jika ingin masuk ke wilayah Armina.

Di dalam bus-bus tersebut tampak jemaah haji yang sudah mengenakan ihram. Mereka didominasi jemaah dari Asia Selatan.

Sebelum masuk terowongan, setiap kendaraan diperiksa identitasnya. Kendaraan yang boleh melintas hanya yang sudah memiliki stiker khusus musim haji.

Selain untuk wukuf di Arafah, di antara jemaah tersebut kemungkinan ada yang akan melakukan tarwiyah atau bermalam di Mina. "Bagi yang mengambil tarwiyah, maka mereka harus ke Mina dulu sebelum berangkat ke Arafah," tulis laman Kemenag.go.id.

Namun jemaah haji Indonesia baru mulai bergerak ke Arafah pada pagi tadi. Mereka diberangkatkan melalui 3 gelombang, yakni pada pukul 08.00, 12.00, dan 16.00 waktu Arab Saudi.

Ada 1.040 bus yang akan digunakan untuk mobilisasi mereka. Jemaah haji akan ditempatkan di 52 maktab yang dapat menampung 3 ribu orang/ maktab. Seperti diungkapkan Kepala Satuan Operasional Arafah Muzdalifah Mina (Armina) Letkol Caj Abu Haris Mutohar.

"Jadi 1 busnya berisi sekitar 50 jemaah dan bus akan beroperasi secara taraddudi (bolak balik)," tutur Abu Haris. (Ndy/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.