Sukses

Gedung Putih: Obama Nantikan Pertemuan dengan Jokowi

Presiden Barack Obama akan menyambut Presiden Joko Widodo di Gedung Putih pada 26 Oktober 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Lawatan Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke Amerika Serikat (AS) sangat dinantikan Presiden Barack Obama. Rencananya, Jokowi akan menjejakkan kaki di AS pada pertengahan Oktober.

Pernyataan tersebut disampaikan Juru Bicara Gedung Putih Josh Earnest. Menurut Earnest, Presiden Obama merasa terhormat menerima Jokowi karena lawatan ini adalah yang pertama semenjak mantan Gubernur DKI Jakarta ini naik pangkat jadi Presiden.

"Presiden Barack Obama akan menyambut Presiden Joko Widodo di Gedung Putih pada 26 Oktober 2015. Ini merupakan kunjungan pertama Presiden Jokowi ke Amerika Serikat sejak menjabat sebagai presiden," sebut Earnest dalam pernyataan resminya kepada Liputan6.com melalui Kedutaan Besar AS di Jakarta, Selasa (22/9/2015).

"Presiden Obama menantikan pertemuan dengan Presiden Jokowi untuk membicarakan fase baru kemitraan AS-Indonesia," tambah dia.

Sebagai pemimpin 2 negara demokrasi terbesar di dunia, kata Earnest, Obama dan Jokowi di Washington akan berbicara mengenai banyak hal. Termasuk rencana untuk memperluas area kerja sama bilateral.

"(Kerjasama bilateral yang akan dibahas) di antaranya bidang pertahanan, perdagangan dan investasi, iklim dan energi, serta langkah-langkah untuk mengembangkan area-area kemitraan yang baru, seperti kerja sama maritim," papar dia.

"Kedua kepala negara juga akan mendiskusikan langkah-langkah untuk menghadapi tantangan regional maupun global," pungkas Earnest. (Ger/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.