Sukses

Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Rayakan Iduladha Hari Ini

Penyembelihan hewan kurban, berupa 2 sapi dan 5 kambing, dimulai pukul 10.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah menetapkan Hari Raya Iduladha jatuh pada 24 September 2015. Namun, Jemaah Tarekat Naqsabandiyah di Pasar Baru, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat, telah melaksanakan salat Iduladha 1436 Hijriyah di Surau Baitul Makmur hari ini.

Anggota jemaah mengumpulkan infaq sebelum memulai salat pada pukul 08.00 WIB. Ketua Tarekat Naqsyabandiyah, Mursyid Syafri Malin Mudo lah yang menjadi imam.

Setelah melaksanakan salat, mereka berdoa bersama dan mendengarkan khotbah yang disampaikan dalam Bahasa Arab. Penyembelihan hewan kurban, berupa 2 sapi dan 5 kambing, dimulai pukul 10.00 WIB.

Sekitar 5.000 anggota jemaah Tarekat Naqsabandiyah di Kota Padang, Padang Pariaman, Solok Selatan, Pesisir Selatan, dan Solok merayakan Iduladha hari ini.

Antara melansir ada puluhan masjid dan musala yang menjadi pusat peribadahan jemaah Tarekat Naqsabandiyah di Padang. Puluhan masjid ini tersebar di Kecamatan Pauh, Lubuk Kilangan, dan Lubuk Begalung.

Sekretaris Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Padang, Edizon Revindo, mengatakan mereka menetapkan 10 Dzulhijah 1436 Hijriah jatuh pada Selasa 22 September berdasarkan perhitungan hisab Munjid serta rukyatul hilal (melihat bulan). Metode yang sudah digunakan secara turun-temurun oleh jemaah Tarekat Naqsabandiyah.

"Kita menetapkan Idul Adha hari ini dengan menggunakan metode itu, di mana menghitung 100 hari setelah Ramadhan," kata Mursyid. (Bob/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini