Sukses

Hormat Adinda Jokowi untuk Kakanda Surya Paloh di Acara Nasdem

Dalam pidatonya selama lebih dari 30 menit, Jokowi terhitung menyebut 3 kali nama Surya Paloh dengan sapaan Kakanda.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri Pembukaan Rapat Konsolidasi Pemenangan Pilkada 2015 di JCC, Senayan, Jakarta Pusat. Dalam kesempatan itu, Jokowi didaulat menyampaikan sambutan dihadapan ratusan kader dan para calon kepala daerah yang diusung Partai Nasdem.

Yang menarik, dari awal hingga akhir pidatonya, Jokowi beberapa kali sempat menyapa Surya Paloh dengan sebutan Kakanda. Penyebutan itu seperti diketahui lazim diucapkan kepada seseorang yang dianggap kakak laki-laki atau panggilan terhadap saudara yang dianggap lebih tua.

Dalam pidatonya selama lebih dari 30 menit, Jokowi terhitung menyebut 3 kali nama Surya Paloh dengan sapaan Kakanda. Yang pertama, saat mantan Gubernur DKI Jakarta itu memberikan salam hormat kepada ratusan calon kepala daerah dan para kader Partai Nasdem yang hadir.

"Kepada 255 calon Kepala daerah yang hadir. Dan yang saya hormati, ‎Kakanda Bapak Surya Paloh, serta yang mulia para duta besar negara-negara tetangga,"ujar Jokowi dalam pembukaannya, Senin (21/9/2015).

Kontan saja, penyebutan Kakanda Surya Paloh membuat riuh suasana ruangan. Para kader Nasdem yang hadir terlihat menyebut nama Jokowi dan sang Ketua umum. ‎

Panggilan Kakanda kedua yaitu ketika Jokowi akan menjelaskan mengenai geografis Indonesia yang memiliki puluhan ribu pulau serta potensinya. Saat itu, Jokowi mengutip sedikit ucapan Surya Paloh yang menyampaikan sambutan lebih dulu. ‎

"Negara kita Indonesia tadi sudah disampaikan Ketum, kakanda Paloh, bahwa negara ini 2/3 air, laut, samudera. Kalau saya cerita kepada kepalaa negara lain, jumlah pulau kita 17.000 lebih pulau. Mereka terheran-heran bagaimana kelolanya," ucap Jokowi.‎

Sapaan untuk Kakanda Surya Paloh yang ketiga yaitu saat sang Presiden ingin menjelaskan mengenai kondisi perekonomian Indonesia saat ini. Jokowi pun kembali mengulang salah satu ucapan Surya Paloh dalam pidatonya.

"Tadi sudah disampaikan kakanda Surya Paloh, ya harus kita katakan apa adanya, kita sedang alami perlambatan ekonomi. Jangan pakai krisis ekonomi, sangat beda," ucap Jokowi.

Partai Nasdem ikut ambil bagian pada pilkada di 255 kabupaten/kota dari 269 kota/kabupaten se-lndonesia. ‎Selain dihadiri ratusan calon kepala daerah, turut hadir dalam acara ini para ketua Partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Hebat.

Beberapa menteri di Kabinet Kerja juga hadir. Mereka di antaranya Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri Agraria Ferry Mursida Baldan dan Jaksa Agung HM Prasetyo. (Ali/Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini