Sukses

Rizal Ramli: Kondisi Adnan Buyung Sudah Membaik

Di mata Rizal, Adnan Buyung merupakan sosok pahlawan demokrasi dan hak asasi manusia (HAM).

Liputan6.com, Jakarta - Pengacara senior Adnan Buyung Nasution masih terbaring di Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI), Jakarta Selatan. Kondisi kesehatan pengacara berusia 81 tahun ini yang sempat menurun membuatnya harus dirawat intensif di Ruang ICCU.

Sejumlah kerabat hingga tokoh nasional berduyun-duyun menjenguk pria yang karib disapa Bang Buyung itu. Tak terkecuali Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya, Rizal Ramli. Ia menyempatkan hadir untuk memberikan dukungan moril kepada mantan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) itu.

Di mata Rizal, Adnan Buyung merupakan sosok pahlawan demokrasi dan hak asasi manusia (HAM). Sepak terjangnya di dunia hukum pun tak bisa dianggap remeh.

"Bang Buyung ini pahlawan demokrasi, pahlawan hak asasi, pendiri LBH (Lembaga Bantuan Hukum). Semoga abang cepat sembuh. Jasanya besar bagi bangsa ini. Beliau orang yang berani ambil risiko," ujar Rizal di RSPI, Jakarta Selatan, Senin (21/9/2015).

Mantan Menteri Keuangan ini juga mengungkapkan perkembangan terkini kondisi kesehatan orang yang dihormatinya itu. ‎Menurut dia, kesehatan Adnan Buyung sudah berangsur membaik. Namun dia tidak sempat berkomunikasi dengan pengacara senior itu lantaran tengah tertidur.

‎"Sudah membaik, mudah-mudahan bisa cepat sembuh. ‎Enggak bisa (berkomunikasi), beliau sedang tidur," tutur Rizal singkat.

Rizal Ramli sebelumnya sempat mengirimkan karangan bunga kepada Adnan Buyung Nasution. Karangan bunga itu dikirimkan sebagai bentuk dukungan dan doa agar pengacara kondang lulusan Universitas Indonesia itu mampu melewati masa kritisnya. Ia juga berharap Adnan Buyung segera sembuh dan kembali beraktivitas memperjuangkan keadilan di Indonesia.

"Menteri yang menjenguk secara langsung memang belum ada. Tapi Pak Rizal Ramli sudah kirim karangan bunga," kata putri Adnan Buyung, Pia Akbar Nasution di RSPI, Minggu 20 September 2015. (Ali/Ron)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.