Sukses

Menkumham: Gayus Tambunan Keluar Makan Tetap Salah

Saat diizinkan pergi ke pengadilan, Gayus seharusnya didampingi polisi dan petugas lapas.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengaku telah memerintahkan anak buahnya untuk mengusut ‎kebenaran foto mirip Gayus Tambunan yang sedang beredar. Ia menduga Gayus keluar untuk makan di restoran di sela-sela menghadiri sidang perceraian.

Foto itu menghebohkan karena Gayus seharusnya berada dalam tahanan karena divonis hukuman penjara selama 30 tahun.

"Saya sudah minta tim dari Dirkamtib, melalui perintah Dirjenpas, sama tim Kadivpas di sana untuk meneliti. Dari jawaban kemungkinan benar memang itu waktu dia keluar ada sidang perceraian dia," ujar Yasonna di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, (21/9/2015).

‎Ia menilai, bila sosok yang berada di foto itu benar adalah Gayus, maka tindakan jajaran lapas yang mengizinkan Gayus keluar dan makan di restoran adalah keputusan yang salah.

‎"Hanya kan tetap salah. Nah sekarang kalau makannya di luar salah, tapi kalau makannya di kantinnya pengadilan boleh-boleh saja. Ini sekarang kita mau telusuri itu barang di mana. Makanya itu di mal kah atau dimana, itu salah," ujarnya.

Ia menegaskan saat diizinkan pergi ke pengadilan, Gayus seharusnya didampingi polisi dan orang dari Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin. Prosedur itu harus ditaati.

"Kalau dibawa ke mal itu kebangetan. Memang dia harus makan, tapi masih ada kan di pinggir jalan atau di mana," pungkas Yasonna. (Ali/Ron)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini