Sukses

Masih Keluyuran, Gayus Diancam 'Dibuang' ke Gunung Sindur

Ancaman itu bukan isapan jempol. Menkumham Yasonna berkoordinasi dengan BNN.

Liputan6.com, Jakarta - Foto pria yang diduga terpidana Gayus Tambunan di tempat yang mirip restoran bersama 2 temannya beredar di media sosial. Foto itu menghebohkan karena Gayus seharusnya berada dalam tahanan usai divonis hukuman penjara selama 30 tahun.

Kemunculan foto itu membuat marah Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna P Laoly. Sebab, bila terbukti, tindakan Gayus yang telah kesekian kali keluar penjara sudah tidak bisa ditoleransi lagi.

Politikus PDIP itu pun mengancam akan memindahkan Gayus ke penjara khusus kasus narkoba yang berada di kawasan Gunung Sindur, Jawa Barat.

"K‎alau itu benar akan ada tindakan. Saya sudah bilang ke Dirjen PAS, sudahlah kita kirim saja ke Gunung Sindur, digabung dengan bandar narkoba nanti dia" ujar Yasonna di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin, (21/9/2015). ‎
‎
Bila dipindahkan ke sana, maka nantinya Gayus tidak akan bisa berkomunikasi ke luar, karena jalur komunikasi dipenjara tersebut ditutup.

‎Yasonna mengatakan, dia memang mendapatkan informasi Gayus diberikan izin keluar untuk menghadiri pengadilan cerai. Namun seharusnya dia tidak keluyuran.

‎"Kalau kejadian, saya berpikir supaya jangan terbiasa, kita kirim ke Gunung Sindur kan kita mau buat tempat khusus untuk narapidana bandar narkoba yang jahat-jahat itu," ucap Yasonna.

Ia menegaskan, ancamannya itu bukan hanya menjadi isapan jempol. ‎Pihaknya akan berkoordinasi Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk pemindahan bandar-bandar narkoba dan para narapidana yang dianggap 'nakal'.

"Tempatnya sedang disiapkan semua. Saat ini, tim dari Kementerian Hukum dan HAM sedang melihat dulu kondisi tempatnya untuk diperiksa. Jadi, sekarang tim sedang ke sana, sedang diperiksa dulu," tukas Yasonna. (Ali/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.