Sukses

8 Fakta Unik Hewan Kurban

Terdapat banyak fakta menarik, lucu, dan unik mengenai hewan kurban.

Liputan6.com, Jakarta Meski masih beberapa hari lagi, suasana Idul Adha sudah mulai terasa. Hal ini terlihat di pelataran masjid atau lapangan perumahan dan beberapa sudut jalan yang kini menjadi tempat berjualan hewan kurban, seperti kambing atau sapi.

Hampir setiap hari ada saja yang berkunjung untuk membeli. Lucunya, anak-anak pun ikut melihat hewan kurban untuk sekadar bermain atau memberi makan hewan kurban. Hewan-hewan kurban yang gemuk dan menggemaskan jarang sekali kita temui sehari-hari. Hanya setahun sekali bisa kita rasakan suasana Idul Adha. Di balik itu semua banyak tersimpan fakta-fakta menarik dan unik juga dari hewan kurban.

Berikut ini 8 fakta unik hewan kurban:

1. Manjanya kambing

Kita tahu bahwa makanan kambing adalah rumput. Namun ketika makanan tersebut jatuh ke tanah, kambing tersebut enggan memakannya lagi walaupun kondisi rumput tersebut masih segar. Karena itu kambing dibilang manja karena sifatnya yang aneh saat makan rumput.

Untuk mengatasi hal ini, biasanya peternak kambing mengakali dengan membuat kandang dengan model panggung dengan wadah makanan yang dibuat sedemikian rupa, sehingga rumput yang jatuh nanti tidak langsung ke tanah.

2. Kambing adalah hewan pertama yang diternakkan

Kambing disebut-sebut sebagai hewan pertama yang diternakkan manusia. Pendapat ini dikuatkan oleh adanya penemuan lukisan dinding gua di daerah Eropa yang usianya sudah mencapai 12.000 tahun.

Selanjutnya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1

3. Kambing dianggap cikal bakal penemuan kopi

Cikal bakal penemuan kopi ternyata dari kambing. Diceritakan bahwa penggembala kambing saat itu heran melihat kambingnya lincah dan energik. Setelah diselidiki ternyata kambing tersebut memakan buah atau biji kopi. Sejak saat itulah kopi mulai dibudidayakan.

4. Kambing punya pupil mata yang unik

Jika pupil manusia bentuknya bulat, pupil mata kambing berbentuk segi empat. Ini membuat mata kambing memiliki pandangan seluas 320-340 derajat. Bentuk segi empat ini bisa membuat kambing melihat dalam keadaan yang lebih baik saat malam hari. Pupil mata kambing pun bisa mengatur dan membatasi cahaya yang masuk.

5. Sapi menghadap utara saat makan

Banyak yang tidak mengetahui ke arah mana sapi saat makan? Jawabannya ialah menghadap ke utara. Hal ini bisa terjadi karena otak sapi memiliki “kompas alami” yang melacak medan magnet bumi dan mengarahkan sapi menghadap utara secara otomatis.

Selanjutnya...

3 dari 3 halaman

2

6. Mood mempengaruhi produksi susu sapi

Sejauh ini sapi merupakan penghasil 90 persen susu di dunia. Jika seekor sapi sering mendengarkan musik, maka produktivitas sapi tersebut akan meningkat. Jadi, mood sapi akan mempengaruhi produktivitas sapi menghasilkan susu.

7. Sapi memiliki indera yang tajam

Sapi memiliki pupil segi empat, sehingga mempunyai kemampuan melihat hampir 360 derajat dan bisa melihat warna, kecuali merah. Daya penciumannya pun sangat tajam dan bisa mencium sesuatu yang berjarak 8 km jauhnya. Untuk berkomunikasi sapi menggunakan suara, posisi tubuh, dan ekspresi muka.

8. Sapi mampu berjalan lebih cepat

Sapi mampu berjalan lebih cepat daripada kuda ketika di tanah yang berlumpur. Sapi mempunyai kuku kaki yang lebar sehingga tidak mudah terbenam dalam lumpur. Menaiki tangga ternyata sapi juga bisa, tetapi sapi tidak bisa menuruninya karena lututnya tidak bisa menekuk dan menopang dengan sempurna.

Fakta-fakta menarik dari kambing dan sapi di atas bisa Anda buktikan sendiri, lho!

Yuk, berkurban dengan membeli hewan kurban secara online! Baik kambing atau sapi, Anda bisa pilih sebagai hewan kurban Anda. Dengan adanya kurban online oleh lembaga yang terpercaya, Anda kini semakin mudah untuk berkurban. Nantinya, daging hewan kurban akan disalurkan kepada pihak-pihak yang tepat dan membutuhkan.

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini