Sukses

Kanwil Kemenkumham Jabar Kaget Pria Mirip Gayus Makan di Restoran

Gayus keluar dari tahanan di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat yaitu pada Rabu 9 September 2015.

Liputan6.com, Bandung - Foto pria mirip terpidana Gayus Tambunan di salah satu restoran bersama 2 temannya beredar di media sosial. Foto tersebut menghebohkan karena Gayus seharusnya berada dalam tahanan karena divonis hukuman penjara selama 30 tahun.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Jawa Barat I Wayan Sukerta mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum bisa memastikan apakah foto tersebut merupakan Gayus atau bukan.

Dia menegaskan, pihaknya telah membentuk tim khusus untuk memeriksa kejadian ini. "Terkait dengan beredar berita tentang Gayus di sebuah rumah makan tentu kami kaget. Kita baru tahu tadi siang sehingga harus melakukan pemeriksaan dahulu," kata dia di Bandung, Senin (21/9/2015).

I Wayan Sukerta menyatakan, Gayus pernah keluar dari tahanan di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat yaitu pada Rabu 9 September 2015.

"9 September kemarin sempat keluar karena ada panggilan sidang gugatan cerai dari istrinya di Pengadilan Agama Jakarta Utara. Kita berikan izin menghadiri panggilan sidang tersebut. Tapi kalau itu foto tanggal 9 Mei kita belum bisa pastikan," jelas dia.

I Wayan mengatakan, hasil pemeriksaan ini akan disampaikan beberapa waktu ke depan. "Secepatnya akan kita sampaikan. Sekarang masih pendalaman," tutur Wayan.

Foto mirip terpidana kasus korupsi Gayus Tambunan sedang kongkow di restoran beredar di media sosial. Pada foto tersebut, pria mirip Gayus itu tengah bersama 2 perempuan.

Pemilik blog Kompasiana dengan akun Pakde Kartono mengklarifikasi perihal kehebohan foto tersebut. Dia menyebutkan, saat itu, memang dia tengah kopdar atau kopi darat dengan sesama blogger Kompasiana atau kerap disebut Kompasianer dan kliennya yang mirip Gayus Tambunan yang sempat berfoto bersama.

Dalam tulisannya itu, Pakde Kartono mengaku bertemu dengan 2 sahabatnya pada 9 September 2015 saat sedang bersama kliennya yang mirip Gayus Tambunan terkait sidang gugatan di pengadilan Jakarta. (Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini