Sukses

1.600 Rumah Hancur Akibat Kebakaran Hutan California

Kebakaran hutan tahun ini menduduki peringkat ke-4 yang terparah dalam sejarah negara bagian California.

Liputan6.com, San Fransisco - Otoritas Dinas Kebakaran California melaporkan kebakaran hutan yang melanda utara San Fransisco telah menghanguskan 162 rumah. Hal ini menambah jumlah total kerusakan menjadi 1.050 rumah hancur terbakar, dalam beberapa hari insiden kebakaran hutan di wilayah itu.

Kebakaran hutan tahun ini berada di peringkat ke-4 kebakaran terburuk sepanjang sejarah negara bagian itu.

Laporan yang diumumkan pada Minggu (20/9/2015, menambah jumlah total kerusakan rumah di 2 kebakaran hutan di utara negara bagian California hingga 1.600. Kebakaran dahsyat ini juga menelan lima korban jiwa.

Pada kebakaran hutan paling terkini, petugas pemadam California menemukan jasad seorang pria di tumpukan puing rumahnya yang telah menjadi abu di Kota Jamesburg. Penyidik menginvestigasi kematiannya yang mencurigakan. Namun diduga kuat pria itu sengaja membiarkan dirinya terbakar saat kebakaran melanda wilayahnya.

Media lokal Santa Cruz Sentinel melaporkan, seorang pemadam kebakaran juga kehilangan tempat tinggalnya.

"Aku sedang bertugas memadamkan api di wilayah lain, dan baru mengetahui bahwa rumahku habis terbakar, " kata Bob Eaton, petugas pemadam kebakaran wilayah Cachagua kepada surat kabar tersebut, seperti dikutip ABCNews, Senin (21/9/2015).

"Rumah orang tuaku, yang berada tepat di bawah rumahku, juga terbakar. Rumah tetanggaku semua terbakar," tuturnya sedih.

Eaton mengatakan bahwa kebakaran begitu cepat menyambar. "Cepat luar biasa," jelasnya.

Ini adalah kebakaran hutan terbaru yang terjadi di 10 lokasi pada Minggu 20 September, di wilayah utara negara bagian California. Sebelumnya, Minggu 13 September lalu, 180 rumah hangus terbakar di Kota Middletown dalam hitungan jam.

Semenjak itu, Gubernur California Jerry Brown memberlakukan wilayahnya dalam keadaan darurat.

Tim penilai kerusakan, menurut juru bicara CalFire, Daniel Berlant, menghitung lebih dari 1.000 rumah terbakar di Lake County, Kota Middletown. Sejauh ini mereka sudah merampungkan 80 persen kerjanya.

Kebakaran ini telah menghanguskan hampir 70 persen wilayah kota tersebut, mengancam 6.500 rumah. Kali ini merupakan kebakaran terparah ke-4 dalam sejarah California.

Pada 1991, kebakaran melanda Oakland Hills yang disebut-sebut kebakaran paling mematikan. Lebih dari 2.900 struktur bangunan rusak parah dan menewaskan 25 orang.

Menurut keterangan aparat, cuaca kering dan panas menyulitkan upaya pemadaman dan pengendalian api. Kondisi ini diperkirakan masih akan berlanjut hingga Senin pekan ini.

"Tren cuaca panas dan kering tengah terjadi dan pola angin akan meningkatkan kondisi itu (panas) hingga Senin," ujar pernyataan CalFire.

Kebakaran telah merugikan California sedikitnya US$ 244 juta sejak 1 Juli lalu. Tahun 2013, bencana serupa merugikan California US$ 240 juta. Pada 2014 Lalu, kerugian tercatat mencapai US$ 434 juta.

Sementara itu pada kebakaran hutan yang terpisah, 545 rumah hancur terbakar dan 2 orang tewas. Api menjalar begitu cepat menghanguskan 177 kilometer persegi di kaki bukit Sierra Nevada.

Meskipun kebakaran masih berpotensi, tapi perintah evakuasi warga di sana sudah dicabut. (Rie/Tnt/Sar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini