Sukses

Iduladha, Sultan HB X Beri 7 Sapi dan 7 Gunungan

Sapi dan gunungan itu akan disebar ke sejumlah daerah. Pengiriman tersebut juga dikawal 4 ekor gajah.

Liputan6.com, Yogyakarta - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sultan HB X akan berkurban 7 lembu pada Iduladha 2015. Ketujuh sapi ini akan dibagikan ke sejumlah kabupaten/kota dan 2 masjid.

Kepala Bagian Humas Biro UHP Setda DIY Iswanto mengatakan 7 sapi tersebut akan diberikan ke Bangsal Kepatihan Selasa (22/9/2015). Gubernur menyerahkan teknis penyembelihan hewan kurban kepada masing-masing panitia.

"Bapak Gubernur DIY menyiapkan 7 ekor lembu akan diserahkan masing-masing Kota Jogja, Sleman, Gunungkidul, Bantul, Kulonprogo, takmir masjid Gede Kauman dan Masjid Gede Pakualaman, masing-masing satu ekor," ujar Iswanto di Kepatihan, Senin (21/9/2015).


Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sultan HB X akan berkurban 7 lembu pada Iduladha 2015. (Liputan6.com/Fathi Mahmud)

Sultan sebagai Raja Kraton Jogjakarta juga menyiapkan 7 gunungan yang akan dikirim ke Masjid Gede Kauman, Masjid Puro Pakualaman dan Kepatihan. Pengiriman 7 pareden ini sesuai dengan surat yang diterima Kepatihan dari Tepas Dwarapura Karaton Ngayogyokarto Hadiningrat pada 3 Dulkangidah Ehe 1948 atau 18 Agustus 2015.

Pada surat itu juga diberitahukan gerebeg Besar Kraton akan berlangsung pada Kamis 24 September 2015 bersamaan dengan keputusan pemerintah.

"5 pareden akan dikirim ke Masjid Gedhe Kauman, 1 ke Puro pakualaman dan 1 lagi ke Kepatihan diperkirakan tiba di Kepatihan sekitar jam 11.30 WIB," ujar Iswanto.

Dia mengatakan, selama pengiriman 2 gunungan dari kraton ke Kepatihan dan Puro Pakualaman, akan dikawal Prajurit Bugis serta Prajurit Pakualaman. Pengiriman tersebut juga dikawal 4 ekor gajah.

"Masing masing akan dikawal 2 ekor gajah. Dua gajah ke Kepatihan dan dua gajah ke Puro Pakualaman," tutur Iswanto. (Bob/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini